ALUNG SAJEN DI ACARA NGERTAKEUN BUMI LAMBA

25 August 2024   |   21:29 WIB

Upacara ini merupakan momentum perjumpaan antarsuku, ras, budaya, dan agama untuk bersama-sama mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah menjadikan alam semesta sebagai menopang kehidupan. Rasa syukur tersebut diekspresikan dalam simbol, tata upacara, lantunan mantra, musik sakral, gerak tubuh, maupun kesenian yang terinspirasi dari ragam pesan tentang tatanan, pencerahan, ajaran, pengetahuan, kebijakan, keterampilan, dan kekayaan, yang diwariskan leluhur bangsa ini. Perayaan akan keragaman budaya ini menjadi ruang membangun sikap toleransi dan harmoni.<br />
<br />
Upacara ini bukan untuk menghamburkan makanan dan bukan juga untuk menyekutukan Tuhan. Upacara ini merupakan simbol masyarakat Sunda di bagian pegunungan untuk memberikan penghomatan dan rasa terima kasih kepada alam berupa apa yang dimakan dan apa yang diminum. Oleh karena itu, masyarakat menggelar prosesi &quot;Ngalung&quot; makanan dan minuman ke dasar Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Parahu agar tetap diberikan keselamatan dan kesejahteraan melalui alam semesta.
Upacara ini merupakan momentum perjumpaan antarsuku, ras, budaya, dan agama untuk bersama-sama mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah menjadikan alam semesta sebagai menopang kehidupan. Rasa syukur tersebut diekspresikan dalam simbol, tata upacara, lantunan mantra, musik sakral, gerak tubuh, maupun kesenian yang terinspirasi dari ragam pesan tentang tatanan, pencerahan, ajaran, pengetahuan, kebijakan, keterampilan, dan kekayaan, yang diwariskan leluhur bangsa ini. Perayaan akan keragaman budaya ini menjadi ruang membangun sikap toleransi dan harmoni.

Upacara ini bukan untuk menghamburkan makanan dan bukan juga untuk menyekutukan Tuhan. Upacara ini merupakan simbol masyarakat Sunda di bagian pegunungan untuk memberikan penghomatan dan rasa terima kasih kepada alam berupa apa yang dimakan dan apa yang diminum. Oleh karena itu, masyarakat menggelar prosesi "Ngalung" makanan dan minuman ke dasar Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Parahu agar tetap diberikan keselamatan dan kesejahteraan melalui alam semesta.