Riasan anak - anak suku Dani Papua

23 August 2024   |   14:32 WIB
Image
Juliadin kuswara
suka jalan dan menikmati keindahan indonesia serta seni dan budaya juga hoby motret

Like
Indonesia merupakan bangsa yang dianugrahi alam yang indah dengan beragam suku bangsa. Keindahan alam dan keunikan budayanya menjadikan magnet tersendiri&nbsp; untuk datang melihat keindahan alam dan keunikan budaya Indonesia. Salah satu suku yang memiliki budaya yang unik dan mendiami alam yang indah adalah suku Dani di Lembah Baliyem, Wamena Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua. Keunikan budaya dan keindahan alam daerah pegunungan ini telah menarik banyak orang untuk berkunjung ke Papua dengan tujuan favorit salah satunya adalah Wamena.&nbsp;<br />
Salah satu keunikan suku Dani adalah seni rias atau berdandan yang&nbsp;merupakan upaya memperindah tampilan wajah dan tubuh. Fungsi tata rias adalah mempercantik diri dan mengekspresikan karakter sebagai ungkapan rasa syukur .Keunikan seni rias Suku Dani berupa totol-totol putih pada sekujur tubuh dengan fokus pada wajah dimaksudkan agar tampak cantik bagi perempuan dan agar tampak gagah rupawan bagi laki-laki, serta mendapatkan berkat keselamatan dan kebahagiaan hidupdari Tuhan Yang Maha Esa.
Indonesia merupakan bangsa yang dianugrahi alam yang indah dengan beragam suku bangsa. Keindahan alam dan keunikan budayanya menjadikan magnet tersendiri  untuk datang melihat keindahan alam dan keunikan budaya Indonesia. Salah satu suku yang memiliki budaya yang unik dan mendiami alam yang indah adalah suku Dani di Lembah Baliyem, Wamena Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua. Keunikan budaya dan keindahan alam daerah pegunungan ini telah menarik banyak orang untuk berkunjung ke Papua dengan tujuan favorit salah satunya adalah Wamena. 
Salah satu keunikan suku Dani adalah seni rias atau berdandan yang merupakan upaya memperindah tampilan wajah dan tubuh. Fungsi tata rias adalah mempercantik diri dan mengekspresikan karakter sebagai ungkapan rasa syukur .Keunikan seni rias Suku Dani berupa totol-totol putih pada sekujur tubuh dengan fokus pada wajah dimaksudkan agar tampak cantik bagi perempuan dan agar tampak gagah rupawan bagi laki-laki, serta mendapatkan berkat keselamatan dan kebahagiaan hidupdari Tuhan Yang Maha Esa.