TARI PADANGULAN

21 July 2024   |   23:00 WIB
Image
ANDRIANTO
Fotografer

Like
Tari Padangulan&nbsp;adalah sebuah tarian yang tergolong&nbsp;kreasi&nbsp;baru di&nbsp;Banyuwangi&nbsp;atau dalam istilah daerah disebut golongan tari angklung.Bertemakan pergaulan muda-mudi pada waktu bulan purnama di pantai-pantai Banyuwangi adalah kebiasaan masyarakat Banyuwangi terutama yang berdiam disekitar pantai bila pada bulan purnama raya, beramai-ramai keluar rumah dan berjalan-jalan di pantai. Dari Peristiwa inilah tarian ini diciptakan.<br />
Gerak dasar tarinya banyak mengambil unsur-unsur tari yang terdapat pada&nbsp;pertunjukan Gandrung, baik dari Penari Gandrungnya maupun pada pemajunya. di tarikan oleh anak laki-laki dan perempuan dengan perpasangan dan banyaknya pasangan tidak terbatas. Tari ini dipentaskan untuk sekolah-sekolah, resepsi, jamuan pada hari besar nasional dan sebagainya.
Tari Padangulan adalah sebuah tarian yang tergolong kreasi baru di Banyuwangi atau dalam istilah daerah disebut golongan tari angklung.Bertemakan pergaulan muda-mudi pada waktu bulan purnama di pantai-pantai Banyuwangi adalah kebiasaan masyarakat Banyuwangi terutama yang berdiam disekitar pantai bila pada bulan purnama raya, beramai-ramai keluar rumah dan berjalan-jalan di pantai. Dari Peristiwa inilah tarian ini diciptakan.
Gerak dasar tarinya banyak mengambil unsur-unsur tari yang terdapat pada pertunjukan Gandrung, baik dari Penari Gandrungnya maupun pada pemajunya. di tarikan oleh anak laki-laki dan perempuan dengan perpasangan dan banyaknya pasangan tidak terbatas. Tari ini dipentaskan untuk sekolah-sekolah, resepsi, jamuan pada hari besar nasional dan sebagainya.