BUDAYA KONSUMERISME KAUM URBAN

12 January 2023   |   17:09 WIB
Image
Suselo Jati
Hypeabis.id

Jika Grup Band Efek Rumah Kaca merepresentasikan konsumersime dalam lagu berjudul Belanja Terus Sampai Mati, maka foto &ndash; foto ini merupakan representasi mengenai konsumerisme di Indonesia. Tidak hanya konsumerisme, namun juga gaya hidup masyarakat yang tinggal di kota besar.<br />
&nbsp;
Jika Grup Band Efek Rumah Kaca merepresentasikan konsumersime dalam lagu berjudul Belanja Terus Sampai Mati, maka foto – foto ini merupakan representasi mengenai konsumerisme di Indonesia. Tidak hanya konsumerisme, namun juga gaya hidup masyarakat yang tinggal di kota besar.
 
Foto &ndash; foto ini merupakan representasi dari fenomena masyarakat di kota besar yang hampir selalu disibukkan dengan belanja yang tidak memikirkan barang yang dibeli tersebut bermanfaat atau tidak. Hal ini terjadi salah satunya karena faktor dari lingkungan pergaulan maupun keluarga yang sering kali terbiasa berbelanja barang &ndash; barang mewah agar terlihat menarik perhatian orang banyak.<br />
&nbsp;
Foto – foto ini merupakan representasi dari fenomena masyarakat di kota besar yang hampir selalu disibukkan dengan belanja yang tidak memikirkan barang yang dibeli tersebut bermanfaat atau tidak. Hal ini terjadi salah satunya karena faktor dari lingkungan pergaulan maupun keluarga yang sering kali terbiasa berbelanja barang – barang mewah agar terlihat menarik perhatian orang banyak.
 
Melalui foto yang memvisualkan mengenai relitas kaum urban yang dianggap lebih maju, ada baiknya jika masyarakat lebih bijak dalam berbelanja dan mengkonsumsi barang atau jasa dengan lebih mementingkan nilai guna agar tidak terjerat budaya konsumerisme yang cenderung mementingkan nilai identitas, citra, status sosial dan harga diri.<br />
&nbsp;
Melalui foto yang memvisualkan mengenai relitas kaum urban yang dianggap lebih maju, ada baiknya jika masyarakat lebih bijak dalam berbelanja dan mengkonsumsi barang atau jasa dengan lebih mementingkan nilai guna agar tidak terjerat budaya konsumerisme yang cenderung mementingkan nilai identitas, citra, status sosial dan harga diri.