Ilustrasi parenting. (Dok. Ketut Subiyanto dari Pexels)

Hari Perlindungan Anak Sedunia, Ini 3 Tips Alihkan Parenting ke Ranah Digital

01 June 2021   |   12:53 WIB

Guys, tahu enggak kalau selain Global  Day of Parents, hari ini juga merupakan Hari Perlindungan Anak-anak Sedunia? Nah, Salah satu upaya perlindungan anak yang relevan saat ini adalah melindungi anak di ranah digital. Ini cocok buat Genhype yang punya adik atau anak yang masih kecil atau yang sudah remaja.

Media sosial dan hal-hal di internet merupakan hal yang enggak bisa dilepaskan dari keseharian karena keterkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang banyak memanfaatkan materi yang ada di internet dan kemudahan aksesnya.

Buat sebagian teman-teman atau orang tua, dunia daring merupakan hal yang baru untuk dipelajari bahkan diawasi penggunaannya.

Meski internet berperan penting untuk menjaga anak-anak, tapi beberapa survei menunjukkan bahwa seringkali sebagian dari kita kurang proaktif dan kurang percaya diri ketika mencari informasi tentang keamanan daring serta cara menghadapi pengalaman yang kurang menyenangkan dari si buah hati.

Hypeabis.id berbagi tiga tips yang bisa dilakukan agar Genhype bisa tetap melakukan proses parenting terhadap anak di ranah digital. Ini tips-tipsnya dari Body + Soul.

1. Mulai bangun niat belajar
 

Ilustrasi parenting. (Dok. Julia M Cameron dari Pexels)

Ilustrasi parenting. (Dok. Julia M Cameron dari Pexels)


Belajar merupakan hal yang sangat penting untuk bisa melanjutkan tahap berikutnya dan bisa mengenal beberapa hal dari kebiasaan adik atau anak ketika berselancar di ranah digital.

Meski ada Genhype yang merasa kalau hal mengawasi ini terkesan menganggu, tapi perlu dicatat lho kalau langkah-langkah parenting yang biasa dilakukan dalam kehidupan nyata juga bisa diaplikasikan ke ranah digital.

Jadi enggak masalah untuk membuat batas tertentu dan tetap mendiskusikan siapa teman dari anak atau adik kalian, aplikasi yang biasa digunakan, dan situs yang biasa diakses. Di saat yang sama, mengekspresikan upaya perlindungan terhadap adik atau anak terhadap platform daring juga perlu ditekankan.

Tapi jangan lupa juga untuk tetap beri batasan privasi kepada adik atau anak dari Genhype melalui berbagai diskusi. Sementara itu untuk pengawasan perlu disertai dengan pendampingan supaya bisa paham apa yang adik atau anak Genhype lakukan.

 
1
2


SEBELUMNYA

Hati-Hati, Ada Bahaya Mengintai di Balik Susu Formula untuk Bayi

BERIKUTNYA

Suka Bulu Tangkis? Ini 5 Alasan Genhype Harus Nonton Racket Boys

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: