Google Doodle Hari Guru Nasional (dok: Google)

Google Doodle Hari Ini Bertemakan Hari Guru Nasional, Yuk Simak Sejarahnya

25 November 2021   |   13:30 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Ada yang berbeda dari tampilan laman utama Google untuk Indonesia pada Kamis (25/11/2021). Mesin pencari andalan masyarakat sejagat raya itu menampilkan karikatur lebah yang sedang melakukan kegiatan belajar mengajar.

Dalam karikatur tersebut terdapat seekor lebah yang ukurannya paling besar menjelaskan sesuatu kepada lebah-lebah lain yang ukurannya lebih kecil. Lebah yang ukurannya paling besar terlihat seperti seorang guru yang sedang mengajar murid-muridnya, para lebah kecil.

Pemilihan karikatur tersebut tentu saja bukan tanpa alasan. Karikatur tersebut merupakan cara Google untuk memperingati Hari Guru Nasional yang diperingati pada 25 November setiap tahunnya. 

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru dan tidak hanya diperingati di Indonesia. Setiap negara punya tanggal peringatan yang berbeda-beda.

Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah. Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dengan kata lain, Hari Guru yang diperingati di Indonesia diambil dari hari lahir PGRI selaku organisasi yang membawahi profesi mulia itu.

PGRI sendiri terbentuk pada 25 November 1945, yang digagas oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang. Sebelum menjadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB sendiri didirikan pada tahun 1912 dan beranggotakan kepala sekolah, guru bantu, guru desa, sampai perangkat sekolah lainnya. Kemudian pada tahun 1932 nama PGHB dirubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Hari Guru Nasional tidak ditetapkan sebagai hari libur resmi di Indonesia. Namun, biasanya dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

Walaupun demikian, bukan berarti Hari Guru Nasional tidak mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Hari Guru Nasional ditetapkan langsung Presiden Soeharto pada 25 November 1994, dengan Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Pemerintah juga secara khusus memperingati Hari Guru Nasional setiap tahunnya sejak 1994. Tahun ini, Hari Guru Nasional diperingati dengan tema "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan". Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sendiri telah merilis logo dari peringatan Hari Guru Nasional 2021 berbentuk hati dan berwarna warni.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini yang Dilakukan Persib Bandung untuk Peringati Hari Guru Nasional 2021

BERIKUTNYA

Dampak Negatif Gawai, Anak-anak Cenderung Menjadi Ansos hingga Picu Depresi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: