Ilustrasi mainan anak (dok: Unsplash/Hannah Rodrigo)

Mau Kasih Kado Mainan Anak? Jangan Sembarangan Genhype

21 May 2021   |   19:24 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Memilih mainan untuk anak seringkali menjadi hal yang kurang diperhatikan oleh seseorang yang ingin memberikan kado atau malah orang tua dari si anak itu sendiri. Padahal, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih permainan untuk si kecil. Mulai dari aman dari bahan berbahaya, hingga jenis yang seharusnya bisa memicu perkembangan anak.

Psikolog Klinis Anak dari Tiga Generasi Anastasia Satriyo mengatakan orang tua perlu memperhatikan sejumlah hal sebelum memutuskan untuk memberikan mainan kepada buah hatinya. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian mainan dengan usia anak.
“Masih ada orang tua yang memberikan mainan yang tidak sesuai dengan usia anaknya. Padahal, memberikan anak mainan yang tidak sesuai umurnya, bisa berakibat buruk, mulai dari kesulitan bermain hingga cedera,” katanya.

Selain itu, menurut Anastasia mainan tidak hanya digunakan untuk mengisi waktu atau menyenangkan si kecil semata. Mainan yang diberikan kepada anak bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengasah kreativitas, keterampilan, dan media belajar anak.

Dia menjelaskan untuk anak hingga usia 0-1 tahun, mainan dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengasah kemampuan sensorik dan motoriknya. Oleh karena itu, mainan untuk kelompok usia ini dirancang khusus untuk menarik perhatian bayi dengan bahan-bahan seaman mungkin.  
 
“Contohnya mainan yang mengeluarkan lagu atau suara untuk menarik perhatian yang digantung untuk menstimulasi mata dan merangsang kepekaan. Kemudian mainan-mainan seperti cincin susun untuk melatih motorik. Perlu diperhatikan bahannya karena anak akan sering memegangnya dan menggigitnya,” tuturnya.
1
2


SEBELUMNYA

Menggapai Kesehatan Mental Lewat Gaya Hidup Minimalis

BERIKUTNYA

Yuk Cek Single Terbaru dari Reikko & Clarice

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: