Manusia kehilangan sekitar 1 persen dari produksi kolagen pada kulit setiap tahun setelah usia 20. (Photo by Shiny Diamond from Pexels)

10 Tips Menjaga Kesehatan & Kecantikan Kulitmu

29 August 2021   |   10:36 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Seiring bertambahnya usia, kulit kita mulai kehilangan kekenyalan alaminya karena penurunan produksi kolagen dan elastin, dua protein struktural utama yang memberikan kekencangan dan elastisitas pada kulit.

Sheila Farhang, dokter kulit bersertifikat, ahli bedah kosmetik dan pendiri Avant Dermatology & Aesthetics, mengatakan kepada Forbes bahwa manusia kehilangan sekitar 1 persen dari produksi kolagen pada kulit setiap tahun setelah usia 20 dan secara signifikan lebih banyak setelah menopause.

Elastin di kulit juga berkurang seiring bertambahnya usia yang menyebabkan kulit menjadi kusam dan kendur.

Menurut Mamina Turegano, dokter kulit dan ahli dermatopatologi bersertifikat triple board yang berbasis di Louisiana, selain penuaan, faktor terbesar yang berkontribusi terhadap hilangnya elastisitas kulit adalah kerusakan akibat sinar UV, kurang tidur, merokok, dan gen.

Selain itu, stres, hormon, polusi dan pola makan yang buruk juga dapat mempercepat berkurangnya kolagen dan elastin.

Meskipun kita tidak dapat memutar kembali jam biologis tubuh, kita masih dapat melindungi dan meningkatkan elastisitas kulit dengan sepuluh praktik perawatan kulit sederhana yang disetujui oleh dokter kulit berikut ini:

1. Jangan pernah melewatkan tabir surya.
Baik Farhang dan Turegano merekomendasikan memakai tabir surya setiap hari.

Bagi Genhype yang tinggal di negara tropis, sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Tabir surya adalah produk perawatan anti-penuaan nomor satu yang dipelajari dan terbukti mampu mengurangi dampak penuaan dini.

Tabir surya mungkin tidak terlihat glamor, tetapi tanpa perlindungan, produk lain yang kaian gunakan pada kulit tidak akan menunjukkan efek maksimal karena kerusakan akibat paparan sinar UV.

2. Tidur yang cukup.
Kualitas tidur yang buruk berkontribusi pada pemecahan serat kolagen dan elastin, yang membuat kulit Anda kendur. Turegano menyarankan untuk menjadikan tidur sebagai prioritas.

National Sleep Foundation merekomendasikan untuk tidur nyenyak selama tujuh hingga sembilan jam per malam untuk orang dewasa.

3. Gunakan retinoid pada malam hari.
Retinoid adalah molekul turunan vitamin A yang merangsang produksi kolagen dan meningkatkan pergantian sel kulit. Studi juga menunjukkan bahwa retinoird meningkatkan produksi serat elastin.

4. Tambahkan vitamin C ke lini perawatan kulit.
Vitamin C telah ditemukan memiliki banyak manfaat untuk kulit termasuk meningkatkan pertumbuhan kolagen, kata Turegano.

5. Rajin membersihkan wajah.
Sesuatu yang sederhana seperti mencuci muka dengan pembersih wajah dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan kenyal dengan melindunginya dari polusi dan radikal bebas, kata Farhang.
 
1
2


SEBELUMNYA

Cristiano Ronaldo Balik ke Manchester United, Masih Jadi CR7?

BERIKUTNYA

Tips Menyembunyikan Kabel agar Ruangan Lebih Rapi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: