Proses syuting sebuah film (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Hermaion)

6 Film Pendek yang Pas Ditonton Selama Libur Lebaran

18 April 2023   |   13:47 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur Lebaran sudah kian terasa mengingat sebagiannya telah mengambil cuti untuk merayakan hari kemenangan bersama dengan keluarga di kampung halaman. Guna mengisi liburan itu, menonton film menjadi salah satu cara yang asyik untuk menikmati kebersamaan di keluarga sambil ngabuburit.

Selain film panjang, film pendek karya sejumlah sineas di dalam negeri bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan pada Ramadan ini. Karya-karya mereka tidak kalah jika dibandingkan dengan film panjang, baik dari sisi ide, cerita, atau tekniknya.  

Baca juga: Film Pendek Mbok & Bung, Kisahkan Bung Karno Kecil dan Pengasuhnya

Beberapa pihak menilai film pendek merupakan awal bagi seseorang untuk menunjukkan kemampuannya, sehingga dilirik oleh produser atau investor untuk memproduksi karya film panjang. Pada saat ini, salah satu platform digital over the top (OTT) yang menyediakan karya tersebut untuk dinikmati adalah Bioskop Online.

Bagi kalian yang ingin menyaksikan film-film pendek, berikut rekomendasi film yang cocok untuk mengisi waktu liburan menjelang Lebaran.  


1. Kabar Dari Kubur

Film pendek pertama yang tidak boleh dilewatkan oleh para pencinta film adalah Kabar Dari Kubur. Karya berdurasi 22 menit ini memiliki cerita tentang seorang bapak yang baru saja meninggal dunia. Namun, kembali lagi ke dunia sebagai hantu.

Tujuan sang bapak itu adalah untuk bertemu dengan sang buah hati yang bernama Abdul. Dia meminta doa yang tulus. Kondisinya yang tidak berwujud membuat diri mengalami kesulitan ketika hendak berkomunikasi. Film pendek Kabar Dari Kubur terkesan menjadi film misteri dan horor. Namun, karya ini memiliki genre komedi yang dapat membuat penonton terhibur.


2. Jantan

Film pendek lain yang dapat menjadi pilihan bagi para pencintanya adalah Jantan. Memiliki durasi 17 menit, karya ini bercerita tentang seorang siswa teladan yang mendapatkan amanah untuk mencari tahu pencuri kotak amal di masjid.

Film yang rilis pada tahun lalu itu diperankan oleh Rayhan Abdurrahman, Gerald Abdullah, dan Albaransyah Yusuf. Sementara itu, produser karya pendek ini adalah Abby Fatahillah dan Albaransyah Yusuf. 

Adapun, Kenneth Lisungan menjadi penulis naskah cerita Jantan sekaligus sebagai sutradara yang mengarahkan para pemain untuk melakoni karakter-karakternya. Film pendek ini diproduksi oleh SAE Indonesia.


3. Ketupat dan Opor Lebaran

Berbicara Lebaran, ketupat dan opor adalah makanan yang selalu disajikan pada Idulfitri. Sembari menikmati sajian ini, menonton film pendek berjudul Ketupat dan Opor Lebaran bisa menjadi hiburan karena sangat terikat dengan hari kemenangan.

Ketupat dan Opor Lebaran bercerita tentang sebuah keluarga yang mencoba menjalin kembali hubungan dengan orang tua yang sudah lama tidak bertemu. Mereka berupaya untuk bertemu pada bulan Ramadan.

Baca juga: Hypereport: Ramai-ramai Nonton Film Pendek

Film pendek ini memang hanya memiliki durasi 6 menit. Namun, karya yang mendapatkan arahan dari Aldis Elwan ini dipastikan dapat memberikan warna dalam kehidupan penonton dengan cerita drama sederhana yang diangkatnya.

 
1
2


SEBELUMNYA

Dodol Betawi, Kudapan yang Mempererat Tali Persaudaraan

BERIKUTNYA

Asyik, Film Cek Toko Sebelah 2 Siap Tayang Saat Momen Lebaran di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: