Mengunjungi detinasi wisata hingga menyalurkan hobi bisa menjadi kegiatan menarik meski tidak mudik (sumber gambar Unsplash/Le Tan)

5 Ide Merayakan Lebaran Tanpa Mudik Tapi Tetap Asyik

17 April 2023   |   11:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri tinggal menghitung hari. Salah satu tradisi yang galib dilakukan masyarakat saat Lebaran tiba adalah mudik ke kampung halaman setelah setahun penuh mereka merantau ke berbagai daerah, baik di dalam negeri atau luar negeri. Ya, Lebaran memang menjadi salah satu momen yang pas untuk temu kangen keluarga di kampung.

Kendati begitu, tidak semua orang bisa mudik karena berbagai faktor. Termasuk pekerjaan, jarak yang jauh, hingga ongkos yang terlalu besar.

Namun, bagi kalian yang tidak bisa mudik tahun ini tak perlu khawatir. Pasalnya, ada sederet kegiatan menarik yang bisa dilakukan untuk mengisi momen Lebaran meski tetap tinggal di tanah rantau.
?????
Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya.


1. Tetap Jalin Silaturahmi

Tidak bisa mudik bukan berarti tidak bisa bersilaturahmi dengan kerabat. Sebab, dengan pesatnya teknologi kita bisa memanfaatkannya untuk berkomunikasi, bermaaf-maafan atau mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri kepada keluarga di kampung.

Salah satunya adalah dengan melakukan video call seusai melakukan salat Ied, atau bisa juga mengirimkan pesan teks. Jadi, meskipun kalian terpisah jarak, tapi anggota keluarga di kampung tetap merasa dekat karena silaturahmi tetap terjaga.


2. Buat Suasana Lebaran Seperti di Rumah

Saat merayakan Lebaran di perantauan, salah satu momen yang dirindukan salah satunya adalah suasana kemeriahan Idulfitri di kampung halaman. Nah, agar atmosfer tersebut tetap terasa, buatlah suasana rumah menjadi lebih meriah dengan berbagai dekorasi khas Lebaran.

Selain itu, kamu pun bisa menyiapkan camilan khas Lebaran yang sering disajikan di kampungmu. Tidak ada salahnya juga melaksanakan berbagai tradisi Lebaran khas keluarga di rumah. Sehingga kamu tetap merasakan momen Lebaran seru meski di perantauan.


3. Buat Kegiatan Seru 

Agar tidak bosan menghabiskan libur Lebaran di tanah rantau, kamu pun bisa merencanakan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan bersama teman sesama perantau di rumah. Mulai dari  movie marathon, bermain game, hingga memasak hidangan khas Idulfitri.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai kegiatan seru di luar ruangan seperti olahraga ringan badminton, bersepeda keliling kota, atau berjalan-jalan ke mall. Dengan kegiatan ini setidaknya akan membuat kamu tetap gembira meski tidak dapat mudik.
 
1
2


SEBELUMNYA

7 Checklist Wajib Sebelum Mudik Agar Rumah Aman dan Hati Tenang

BERIKUTNYA

Seru, Main Golf dalam Ruangan dengan 4 Musim di Holeo Golf and Museum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: