Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Sumber gambar : Freepik/Prostooleh)

5 Kiat Membangun Self-love untuk Hidup yang Lebih Chill

16 April 2023   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Self-love terbukti penting untuk menjaga kesehatan mental bahkan kelancaran hubungan. Mereka yang peduli pada diri sendiri cenderung lebih santai menjalani hidup dan lebih bahagia. Berdasarkan salah satu studi dari Journal of Social and Clinical Psychology, orang dengan kepercayaan diri dan self-love rendah, rentan mengalami gangguan mental.

Dampaknya bisa menyebabkan gangguan cemas, gangguan makan, hingga depresi. Oleh karena itu, untuk menggaungkan self-love atau gerakan mencintai diri sendiri di kalangan masyarakat, brand skincare lokal Mineral Botanica mengusung kampanye bertajuk #UnleashYourNaturalBeauty atau Pancarkan Cantik Alamimu. 

Baca juga: Intip Beberapa Cara Mudah untuk Lakukan Self Healing

Co-Founder Mineral Botanica Anita Loeki mengatakan kampanye ini mendorong tiap individu untuk lebih percaya diri dan menggali potensi unik yang ada, sehingga dapat memancarkan kecantikan pesona alami luar dan dalam melalui produk yang mereka hadirkan. 

“Ini bisa dimulai dengan menemukan unique version masing-masing dan mencintai diri sendiri, because sometimes being beautiful enggak harus fisik tapi juga hati. To fall in love with yourself is the first secret to happiness,” ujarnya dalam intimate gathering yang digelar Mineral Botanica di The Michaels Garden Puri Indah, Kembangan, Jakarta, Sabtu (15/4/2023). 

 

Intimate Gathering Mineral Botanica.

Intimate Gathering Mineral Botanica.


Sementara itu, Founder dari Kelas Cinta, Kei Savorie, mengatakan self-love bisa dilakukan dengan merawat fisik, emosional, mental. Kemudian menerima dan mengakui kelemahan serta kekuatan tanpa menghakimi diri sendiri.

Self-love menurutnya bisa menjadi alternatif untuk kamu yang menjalani hubungan beracun atau toxic relationship seperti sering bertengkar dan menyalahkan. Pasalnya, hubungan ini sejatinya didasari atas kurangnya kasih sayang antara hidup kamu dan pasangan. 

Daripada saling menyalahkan dan terus dilanda keributan, namun enggan untuk berpisah, Kei menyarankan sebaiknya kamu mulai mencintai diri sendiri. Nah buat kamu yang ingin membangun self-love agar hidup lebih bahagia dan menjalin hubungan sehat serta langgeng bersama pasangan, berikut kiat yang dibagikan Kei.


1.  Merawat Diri 

Merawat diri dalam hal ini bukan hanya secara fisik saja, namun emosional dan mental. Dimulai dengan tidur yang cukup. Menurut Kei, kurang tidur bukan hanya buruk untuk kesehatan namun membuat mood menjadi buruk. “Pasangan yang tidurnya kurang, lebih sering berantem,” sebutnya. 

Selain itu, kamu bisa mengupgrade penampilan. Hal ini dapat membuat kamu lebih percaya diri bahkan bisa membuat bahagia. “Semakin happy, semakin chill, bisa mengendalikan respon negatif dari luar,” tambah Kei. 
1
2


SEBELUMNYA

5 Kegiatan yang Bikin Rebahan Jadi Bermanfaat dan Produktif

BERIKUTNYA

Ide Dekorasi Ruang Tamu & Ruang Makan yang Ciamik Untuk Sambut Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: