Suasana masjid saat malam hari bulan Ramadan (Sumber gambar: Unsplash/ kel Avelino)

Mengenal Malam Lailatul Qadar, Keistimewaan dan Amalan yang Dianjurkan

11 April 2023   |   19:42 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ramadan adalah bulan penuh keberkahan. Salah satunya karena terdapat malam Lailatul Qadar (Lailatulqadar) atau hari yang kemuliaannya digambarkan lebih baik dari 1.000 bulan. Malam ini pun selalu ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia.

Lailatul Qadar merupakan malam di mana ayat pertama dalam Al Quran diturunkan pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW. Lewat perantara malaikat Jibril, Al Quran pun diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah, atau langit dunia.

Karena keistimewaan inilah malam Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam penuh kemuliaan. Kendati begitu tidak diketahui secara pasti kapan waktu terjadinya malam yang lebih mulia dari seribu bulan ini berlangsung setiap Ramadan.

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan intensitas ibadah pada sepertiga akhir bulan Ramadan. Hal itu bertujuan jika mereka konsisten beribadah pada 10 hari terakhir Ramadan, besar kemungkinan akan menemui malam Lailatul Qadar. 

Baca juga: Cek 3 Peristiwa Bersejarah saat Bulan Ramadan: Momen Diturunkannya Al-Qur'an hingga Fathu Makkah

Hal ini sebagaimana pendapat para ulama yang menyatakan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 hari malam terakhir bulan Ramadan. Hal tersebut didasarkan dari sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim, yang berasal dari Aisyah RA, di mana Rasulullah pernah bersabda:

"Carilah malam Lailatul Qadar di [malam ganjil] pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan," demikian Sabda Nabi Muhammad SAW, menurut HR Bukhari & Muslim.

Maka, jika mengacu pada petunjuk Nabi Muhammad SAW, malam Lailatul Qadar akan jatuh pada malam-malam tanggal 21, 23, 25, 27 atau 29 Ramadan 1444 H. Sedangkan, jika dilihat dari penanggalan Masehi, akan jatuh pada salah satu di antara malam 13, 15, 17, 19, atau 21 April 2023. 
 

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Sebagai salah satu malam paling penting di bulan Ramadan bagi umat Islam, malam Lailatul Qadar tentunya memiliki keistimewaan dan keutamaan dibanding malam lainnya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adala keistimewaan malam Lailatul Qadar:
 

1. Malam Turunnya Al Quran

Sebagaimana dijelaskan di muka, salah satu keistimewaan malam Lailatul Qadar adalah momen pertama kali diturunkannya ayat suci Al Quran sebagai pedoman hidup manusia. Adapun, wahyu yang pertama turun adalah surah Al-Alaq ayat 1-5.

Pada saat itu, menurut beberapa riwayat nabi Muhammad SAW sedang berkhalwat di Gua Hira hingga didatangi malaikat Jibril dan menyuruhnya membaca ayat tersebut. Ayat inilah yang kemudian menjadi penyempurna kitab-kitab terdahulu dan mukjizat terbesar bagi Rasulullah SAW. 
 

2. Malam Dosa-Dosa Diampuni

Keistimewaan lain dari malam Lailatul Qadar adalah diampuninya dosa-dosa terdahulu yang pernah diperbuat umat manusia. Malam pengampunan atau maghfirah ini juga dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim sebagai berikut.

"Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam Qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang berpuasa di bulan Ramadan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu”. (H.R. Bukhari dan Muslim). 

Halaman selanjutnya: Amalan dan Doa Lailatul Qadar
1
2


SEBELUMNYA

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tes Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

BERIKUTNYA

Makna Lagu Kunang-Kunang, Single Terbaru dari D'Cinnamons

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: