Ilustrasi alat musik Oud dari Timur Tengah. (Sumber foto: Pixabay/Lute Musical Instrument Music)

Kompilasi 10 Lagu Religi Internasional Spesial Ramadan

10 April 2023   |   20:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ramadan merupakan bulan di mana umat Islam di seluruh dunia memusatkan diri pada refleksi spiritual, kewajiban puasa, dan pengabdian bagi agama. Perayaan selama sebulan ini ditandai dengan beberapa ritual ibadah khusus, dari waktu sahur hingga berbuka puasa.

Selain berbagi makanan lezat Ramadan juga identik dengan waktu untuk menikmati musik. Musik dengan suasana Ramadan memiliki tempat khusus di hati banyak umat Islam, karena berfungsi sebagai sumber kenyamanan, inspirasi, dan memeriahkan perayaan.

Kali ini, Hypeabis.id akan mengeksplorasi beberapa musik Ramadan terbaik yang dapat membantu meningkatkan pengalaman spiritual Genhype selama bulan suci.

Untuk Genhype yang sedang mencari nasyid tradisional atau tempo kontemporer, playlist ini pasti akan memberikan soundtrack yang sempurna untuk perjalanan Ramadan kalian.


Baca juga: Rekomendasi 7 Lagu Religi yang Cocok Diputar saat Ramadan 2023
 

1. Maher Zain - Insha Allah


Maher Zain adalah penyanyi, penulis lagu, dan musisi Swedia, yang berasal dari Lebanon. Dia menjadi salah satu penyanyi nasyid terkenal dunia setelah merilis Thank You Allah dan Forgive Me. Zain lahir di Tripoli, Lebanon, dan pindah bersama keluarganya ke Swedia ketika dia berusia 8 tahun. Pada 2009, Zain merilis album debutnya, Thank You Allah, yang mendapatkan respon hangat di kalangan anak muda terutama di negara-negara Muslim. Album ini sukses besar, dan album berikutnya, Forgive Me dan One, juga menjadi populer. Dia memiliki banyak penggemar di Malaysia, di mana dia adalah orang yang paling banyak dicari di Google pada 2010.


2. Raef - Ramadan is Here


Raef Haggag adalah penyanyi Mesir-Amerika dari Washington, D.C. Dia adalah penulis lagu Muslim-Amerika terkemuka yang lagu-lagunya ditujukan tidak terbatas hanya untuk komunitas Muslim di Amerika Serikat tapi juga seluruh dunia. Dia merilis album pertamanya The Path yang diproduksi oleh Awakening Records pada Juni 2014. Sejak perilisan album debutnya, Raef telah melakukan beberapa perjalanan ke Indonesia untuk mempromosikan musiknya dan tampil di konser langsung dan tampil di televisi nasional Indonesia.


3. Raihan - I'tiraf

Raihan, berarti wewangian dalam bahasa Arab, adalah grup nasyid Malaysia yang awalnya terdiri atas lima anggota. Mereka sukses menggemparkan Malaysia dengan merilis album debut Puji-Pujian pada Oktober 1996. Adapun, lagu mereka yang berjudul I'tiraf merupakan salah satu karya musiknya yang paling populer. I'tiraf sendiri merupakan syair adaptasi dari doa Abu Nawas kepada Allah SWT, mengisahkan manusia yang merendah di depan Tuhannya. 

Sejumlah sumber menuturkan bahwa syair ini pertama kali dibawakan oleh mendiang Jefri Al Buchori dalam sebuah lagu pada 2005 silam. Setelah itu, ada banyak penyanyi religi lainnya yang membawakan musikalisasi syair ini mulai dari Raihan hingga Sabyan.


4. Humood Alkhudher - Kun Anta

 

Humood Alkhudher adalah seorang penyanyi terkenal dari Kuwait dan ini merupakan salah satu penyanyi paling populer di Timur Tengah. Musik Humood terkenal dengan suaranya yang khas, memadukan instrumen dan melodi Arab tradisional dengan ketukan pop kontemporer. Dia telah merilis beberapa album dan single yang sukses, termasuk Kun Anta dan Jalisco.


5. Sami Yusuf - The 99 Names


Sami Yusuf adalah seorang penyanyi, penulis lagu, multi-instrumentalis, komposer, produser rekaman, dan aktivis kemanusiaan kelahiran Iran. Yusuf mendapat perhatian internasional setelah merilis album debutnya, Al-Mu`allim, pada 2003. Sekarang dengan lebih dari 34 juta album terjual, dia telah tampil di berbagai tempat di seluruh dunia. Karyanya dikenal dengan paduan gaya dan genre musik yang berbeda, termasuk unsur-unsur dari musik Sufi, folk, dan Rock. Dia menggunakan gaya multibahasa dan multi-instrumentalisnya untuk mengangkat masalah sosial, spiritual, dan kemanusiaan.
1
2


SEBELUMNYA

WeTV dan MyRepublic Bawakan Streaming Spesial, Cek Benefitnya Bagi Pelanggan

BERIKUTNYA

Belajar Budaya Lewat Segelas Kopi di % Arabica, Apa Saja Keistimewaannya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: