Sam dan Helen Walton, pendiri Walmart (Sumber gambar: Walton Family Foundation)

8 Keluarga Terkaya di Dunia, Pemilik Walmart Kalahkan Bisnis Milik Mars

08 April 2023   |   21:04 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tak sedikit pengusaha yang memilih mengelola perusahaannya bersama keluarga. Selain faktor sedarah, berbisnis bersama keluarga kerap dilakukan dengan alasan bisa lebih percaya satu sama lain.  Mengakarnya bisnis dengan keluarga ini membuat aliran dana berputar dalam satu keluarga.

Tak heran jika keluarga-keluarga kaya bermunculan di dunia. Melansir dataindonesia.id, perusahaan  ritel masih memegang bisnis keluarga dengan nilai fantastis di Indonesia. Itu dibuktikan dengan prakarsa keluarga Walton yang memegang bisnis pasar swalayan, Walmart. Berikut beberapa keluarga terkaya di dunia berdasarkan nilai bisnisnya.

Baca juga: 7 Novelis Terkaya di Dunia yang Cetak Ratusan Buku Best Seller, Nomor Satu Bukan J.K Rowling
 

1. Walton

Usaha ritel terbilang sulit untuk dipatahkan. Walton sebagai keluarga di balik bisnis Walmart memuncaki jaringan bisnis keluarga terkaya dengan pencapaian $US238,2 Miliar. Data Bloomberg 2021 menyebutkan, bisnis ritel yang didirkan di Amerika Serikat itu membuat posisi keluarga Walton menjadi pemuncak daftar keluarga di dunia.

Perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan dan perlengkapan sehari-hari di Amerika Serikat itu semakin meroket. Bisnis keluarga terkaya ini pertama kali didirkan pada 1962 oleh Samuel Moore Walton dan Helen Walton.  Dua pewaris bisnis keluarga Walton, Alice Walton dan Jim Walton memegang harta kurang lebih US$65,5 Miliar.
 

2. Mars

Keluarga Mars menempati posisi kedua sebagai keluarga terkaya di dunia di bawah keluarga Walton. Kekayaan mereka didaatkan dari bisnis manufaktur yang bergerak di bidang makanan manis seperti cokelat dan perman karet bernama Mars Incorporated.  Selain tu, Mars juga bergerak dalam ruang bisnis perlengkapan dan perawatan hewan.

Perusahaan yang didirikan oleh Frankilin Clarence Mars ini mendulang kekayaan sebesar US$141,9 Miliar. Kini Mars Inc orporated menempatkan Poul Weihrauch sebagai CEO sejak tahun lalu. Sepanjang 2022 saja, perusahaan yang berdiri sejak 1911 ini mendapatkan penghasilan US$45 Miliar.
 

3. Koch

Koch duduk di posisi ketiga sebagai pemilik bisnis keluarga terkaya di dunia. Mendapat total kekayaan US124,2 Miliar, Koch Industries didirikan oleh Fred C. Koch yang sudah memiliki deretan anak perusahaan seperti Georgia-Pacific, Invista, dan Molex.

Berdiri sejak 1940, perusahaan yang berkantor pusat di Kansas, Amerika ini menghidupi total 120.000 karyawan. Saking besarnya nama Koch Industries, bisnis milik Koch Brothers ini menjadi perusahaan swasta terbesar kedua setelah Cargill yang bertempat di Amerika Serikat.
 

4. Hermes

Bisnis barang branded dan prestige menempatkan Hermes sebagai bisnis keluarga terkaya keempat di dunia. Dengan total kekayaan US$1111,6 Miliar, perusahaan yang didirikan ole Thierry Hermes ini sudah berdiri lebih dari satu aba, tepatnya sejak 1873. Hingga saat ini, bisnis ini masih diteruskan oleh keluarga Hermes di bawah kepemimpinan Axel Dumas sebagai CEO.

Sebelumnya, posisi CEO Hermes pernah dipegang oleh Jean-Louis Dumas selama puluhan tahun hingga menempatkannya dalam jajaran miliyarder terkaya di dunia versi Forbes. Hingga kini, Hermes dikenal sebagai perusahaan produksi aksesoris, pakaian, parfum, dan perllatan gaya hidup lainnya dengan harga yang fantastis.
 
1
2


SEBELUMNYA

Resep Buckwheat Pancake, Pas untuk Kamu yang Diet

BERIKUTNYA

Resep Es Oyen, Minuman Legendaris Asal Bandung yang Manis & Segar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: