Raja Charles dan Camilla (Sumber gambar : The Royal Family)

Makna 16 Simbol Unik di Undangan Penobatan Raja Charles III

07 April 2023   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penobatan Raja Charles III berlangsung bulan depan. Namun demikian, persiapannya sudah dilakukan sejak dini mengingat banyaknya rangkaian kerajaan yang ajan dijalani. Terbaru, Istana Buckingham merilis undangan untuk acara seremonial dengan begitu banyak simbol beserta makna menarik di dalamnya.
 
Dalam unggahan Instagram The Royal Family, undangan yang didesain Andrew Jamieson itu salah satu motif yang mencolok yakni The Green Man atau Manusia Hijau, sosok kuno dari cerita rakyat Inggris, simbol musim semi dan kelahiran kembali, untuk merayakan pemerintahan baru. 

Baca juga: Charles III dan Camilla Naik Takhta, Ini 5 Prosesi Penobatan Raja Baru Kerajaan Inggris
 
Ada pula simbol bunga lambang Inggris hingga satwa liar yang dilukis dengan tangan menggunakan cat air dan kuas. Undangan itu akan diproduksi dalam bentuk cetakan pada kartu daur ulang, dengan detail foil emas untuk 2.000 tamu undangan. 
 
Lebih lengkapnya, berikut ragam simbol dan makna yang terdapat pada undangan penobatan Raja Charles III. 
 

1. Emblem Raja Charles III

Di pojok kiri atas undangan terdapat emblem atau Coat of Arms untuk Raja Charles III. Dia dianugerahi lambangnya ketika menjadi pewaris kerjaan pada usia 13 tahun, yang dikenal sebagai pencapaian heraldik.
 
Seperti banyak lambang anggota kerajaan lainnya, perisai pada emblem Raja Charles III diait oleh seekor singa, yang biasanya melambangkan Inggris dan seekor unicorn yang melambangkan Skotlandia. Di bagian kiri bawah perisai ada harpa, yang melambangkan Irlandia. Di bawah lambang terdapat kata Latin 'dieu et mon droit' yang apabila diterjemahkan menjadi 'Tuhan dan hak saya'.
 

2. Emblem  Ratu Camilla 

Lambang Ratu Camilla berada di sudut kanan atas undangan penobatan dan menampilkan seekor babi hutan, dari lambang ayahnya. Lambang itu diberikan kepadanya pada 2015.
 
Pada saat itu, orang dalam di Clarence House mengatakan keputusan untuk memiliki lambang terpisah untuk Camilla mengikuti upaya kerajaan untuk memastikan bahwa dia tidak dilihat sebagai pengganti Ratu Diana. Perisai tengah di lambang Camilla diapit oleh 'Singa pendukung Kerajaan' dari lengan Pangeran di sebelah kiri, sedangkan di sebelah kanan adalah babi hutan yang diambil dari emblem ayah Camilla, Mayor Shand.
 
 
 

3. The Green Man

The Green Man berada di bagian bawah undangan dikenal juga sebagai Manusia Hijau yang berasal dari cerita rakyat Inggris kuno dan mewakili kelahiran kembali, regenerasi, serta siklus kehidupan yang dimulai setiap musim semi.
 
The Green Man mungkin juga mengacu pada lokasi penobatan Westminster Abbey, yang juga menampilkan ukiran simbol di atas fasad layar quire di dalam gedung. Menurut tweet yang diunggah di akun Twitter Westminster Abbey, Manusia Hijau ini sering dianggap sebagai simbol pagan, tetapi ukirannya dapat ditemukan di gereja-gereja Kristen di seluruh Eropa. 
 

4. Bunga Nasional Inggris 

Pada pinggir undangan dipenuhi dengan bunga dan duri yang masing-masing memiliki arti khusus. Termasuk dalam perbatasan adalah bakung untuk Wales, thistle untuk Skotlandia, shamrock untuk Irlandia dan mawar untuk Inggris, dengan anggukan pada fakta bahwa Raja Charles III akan menjadi raja untuk keempat negara. Adapun mawar Tudor adalah simbol persatuan setelah konflik, seperti yang dirancang ketika rumah-rumah yang bertikai di York dan Lancaster menemukan kedamaian dan bergabung.
 

5. Burung Robin dan Burung Wren

Di bagian tengah atas undangan terdapat huruf C yang disinggahi burung robin dan burung wren. Burung wren melambangkan kelahiran kembali, keabadian dan perlindungan. Menyusul kematian Ratu Elizabeth II pada September 2022, burung wren dapat dianggap sebagai anggukan ibu tercinta Raja Charles III, yang warisannya terus hidup.
 
Demikian pula robin yang sering dianggap sebagai tanda bahwa mereka yang telah meninggal masih bersama kita, melayani sebagai 'utusan'. Selain itu burung robin pada undangan juga bisa menjadi tanda optimisme akan masa depan dan simbol kebahagiaan.
 

6. Bluebell

Di sepanjang batas kanan undangan terdapat setangkai lonceng biru yang melambangkan keabadian dan cinta abadi. Ini adalah nilai-nilai yang akan dipegang Raja Charles III selama masa pemerintahannya.  Simbolisme itu disebutkan Raja Charles III dalam pidato pertamanya kepada bangsa ketika dia naik tahta, yang difilmkan di Istana Buckingham.

"Dan di mana pun Anda tinggal di Inggris Raya, atau di Alam dan teritori di seluruh dunia, dan apa pun latar belakang atau kepercayaan Anda, saya akan berusaha untuk melayani Anda dengan kesetiaan, rasa hormat, dan cinta, seperti yang saya lakukan di seluruh hidupku. Hidupku tentu saja akan berubah saat aku mengambil tanggung jawab baruku," ujarnya dikutip dari Daily Mail UK, Jumat (7/4/2023).


7. Bunga Forget Me Not

Setangkai bunga Forget Me Not atau Myosotis berada di sekitar perbatasan undangan. Bunga-bunga biru kecil ini sering dianggap sebagai penghormatan kepada orang-orang terkasih yang hilang, dalam hal ini untuk mendiang ibu tercinta Raja Charles III, Ratu Elizabeth II. 

Arti umum bunga Myosotis ini juga menandakan bagaimana kamu menjaga seseorang dalam pikiran. Raja ingin menunjukkan bahwa dia akan selalu menghormati mendiang orang tuanya selama masa pemerintahan.


8. Stempel Duke of Norfolk

Cap Duke of Norfolk digambar di kuadran kanan bawah. Adipati Norfolk saat ini adalah Earl Marshal, Edward Fitzalan-Howard. Dia mewarisi peran yang telah menjadi gelar turun-temurun sejak 1672, pada 2002. Duke of Norfolk bertanggung jawab mengatur penobatan di Biara Wesminster. Setelah kematian Ratu, dia juga menyelenggarakan pemakamannya. 
1
2


SEBELUMNYA

Asyik, Serial Klub Kecanduan Mantan Siap Tayang di Netflix 20 April 2023

BERIKUTNYA

Dirayakan Hari Ini, Cek Sejarah & Makna Peringatan Jumat Agung bagi Umat Kristiani

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: