Ilustrasi takjil gorengan (Sumber gambar: Rizal Zaelani/Pexels)

5 Ide Makanan untuk Bukber, Praktis dan Bisa Buat Banyak Orang

03 April 2023   |   19:16 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Bulan suci Ramadan identik dengan panganan yang khas, mulai dari gurih hingga manis. Tak jarang, makanan-makanan ini lebih mudah ditemui saat bulan puasa saja. Biasanya, pedagang takjil banyak menjajakan menu makanan khas dari yang ringan hingga mengenyangkan.

Tak selalu harus membeli, Genhype juga bisa membuat makanan untuk menu berbuka puasa yang lezat dan praktis. Apalagi, kebutuhan makanan atau takjil untuk berbuka puasa bersama dengan mengundang banyak orang pasti merogoh kocek dalam. Tak ada salahnya dong, untuk kita membuat sendiri ragam makanan buka puasa dengan resep sederhana.

Jenis-jenis takjil bisa dibuat dengan bahan yang mudah ditemui di pasaran. Jika memasak sendiri, kita bisa menekan biaya pembelian takjil untuk banyak orang. Nah tak perlu bingung untuk jenis makanan yang bisa dimasak, Hypeabis.id sudah merangkum ide makanan untuk dimasak yang pas untuk momen buka puasa bersama. Yuk simak! 

Baca juga: Kaya Rempah, Intip 5 Sajian Buka Puasa Khas Timur Tengah
 

1. Bakwan Tahu

Momen buka puasa ala orang Indonesia rasanya sulit dilepaskan dari gorengan. Salah satu gorengan yang populer dikudap saat berbuka puasa adalah bakwan tahu. Makanan asli Tiongkok ini biasanya berisi ragam sayuran berbalut tepung yang kemudian digoreng. Biasanya, bakwan disajikan bersama cocolan sambal saos yang pedas.

Supaya tidak bosan dengan rasa bakwannya, kamu bisa menambahkan potongan tahu ke dalamnya. Caranya mudah saja, cukup sediakan tepung, telur, potongan wortel, potongan kol, irisan daun bawang, dan potongan tahu bentuk dadu.

Campur seluruh bahannya di wadah, kemudian masukkan gula, garam, dan merica secukupnya. Bentuk menjadi bola-bola, dan goreng hingga matang. Ulangi prosesnya hingga kamu menghasilkan bakwan tahu yang banyak, dan siap disantap untuk buka puasa bersama. 
 

2. Tahu Isi

Gorengan yang tak pernah luput dari hidangan takjil lainnya adalah tahu isi. Cukup siapkan tahu pong, potongan sayuran berupa wortel, kubis, dan toge. Selain sayur tersebut, kamu bisa mengganti atau menambahkan sayuran lainnya. Siapkan juga daun bawang, tepung terigu dan tepung beras, serta garam secukupnya untuk bumbu balutannya.

Potong kubis, wortel, dan toge menjadi beberapa irisan, kemudian masukkan ke dalam tahu pong yang sudah dibelah bagian tengahnya. Siapkan wadah berisi tepung terigu, tepung beras, dan irisan daun bawang dengan air secukupnya. Aduk adonan hingga rata. Jangan sampai adonannya terlalu kental atau terlalu cair. Celupkan tahu isi ke adonan bumbu tepung, kemudian goreng di minyak panas. Ulangi terus hingga menghasilkan banyak tahu isi. 

Baca juga: Rekomendasi Ide & Resep 5 Kuliner Khas Ramadan, Cocok untuk Berbuka Puasa
1
2


SEBELUMNYA

Hypereport: Upaya Melebarkan Sayap Industri Perfilman Nasional 

BERIKUTNYA

Cadas, Metallica Bikin Premier Album Terbaru 72 Seasons lewat Worldwide Listening Party di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: