Menonton film sambil menunggu berbuka puasa (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Ron Lach)

Rekomendasi Film Buat Ngabuburit: Ada Sang Kiayi & Di Bawah Lindungan Ka'bah

25 March 2023   |   20:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kegiatan yang identik dengan bulan Ramadan adalah ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Sambil menanti azan magrib berkumandang, beragam kegiatan menjadi pilihan. Salah satunya adalah menonton film dengan tema religi yang dapat menambah wawasan keislaman dengan cara yang asyik.

Menonton film membuat waktu ngabuburit pun menjadi tidak terasa lantaran keseruan yang disajikan. Dengan begitu, rasa haus dan lapar saat berpuasa pun tidak begitu terasa. Kegiatan yang satu ini dapat dilakukan sendiri, bersama keluarga, atau teman-teman.

Film bertema religi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menunggu waktu berbuka lantaran dapat menambah vibe Ramadan tahun ini. Selain menghibur, tema ini juga dapat membuat kalian menerima pesan dan pengetahuan yang bermanfaat tentang Islam.

Baca juga: Rekomendasi 7 Lagu Religi yang Cocok Diputar saat Ramadan 2023

Berikut sejumlah film bertema religi yang dapat menjadi pilihan untuk ngabuburit versi Hypeabis.id yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Ketika Cinta Bertasbih (2009)

Film yang mendapatkan arahan dari Sutradara Chaerul Umam ini menjadi salah satu karya yang bisa kalian tonton untuk menghabiskan waktu. Diperankan oleh Kholidi Asadil Alam, Oki Setiana Dewi, Alice Norin, dan sebagainya, Ketika Cinta Bertasbih mendapatkan rata-rata rating 6,1 dari 10 dalam laman Internet Movie Database (IMDb).

Karya ini bercerita tentang kehidupan karakter bernama Azzam yang diperankan oleh Kholidi Asadil Alam, yakni seorang mahasiswa Indonesia di Kairo, Mesir. Kehidupan Azzam yang sedang sekolah sambil bekerja mengalami perubahan drastis setelah bertemu dengan dua orang yang sangat diinginkannya.


2. Di Bawah Lindungan Ka’bah (2011)

Film Di Bawah Lindungan Ka’bah adalah salah satu yang dapat menjadi pilihan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Dirilis pada 2011 silam oleh MD Pictures, karya dari Sutradara Hanny R. Saputra ini menyajikan kisah cinta dua insan bernama Hamid dan Zainab.

Karya yang diadaptasi dari novel karya Buya Hamka dengan judul yang sama tersebut menyajikan latar era 1920an dan keteguhan hati. Perbedaan status sosial yang dimiliki membuat kisah asmara keduanya mendapatkan pertentangan dari orang tua wanita.


3. Sang Kiai (2013)

Film lainnya yang bisa menjadi tontonan saat Ramadan tahun ini adalah Sang Kiai. Pemenang Piala Citra untuk kategori seperti film terbaik, sutradara terbaik, aktor pendukung terbaik, dan sebagainya itu bercerita tentang tokoh KH. Hasyim Asyari.

Jepang melakukan sejumlah larangan seperti pengibaran bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan memaksa masyarakat melakukan sekerei saat menjajah Indonesia pada 1942 silam. Sang kiai menolak dipaksa untuk membungkukan badan ke arah utara dengan maksud memberikan penghormatan kepada kaisar.

Alasannya, tindakan itu tidak sesuai dengan akidah Islam. Penolakan itu membuatnya ditangkap oleh Jepang. Tidak terima sang kiai ditahan, salah satu santri mengumpulkan kekuatan untuk menuntut pembebasan.


4. Surga Yang Tak Dirindukan (2015)

Surga Yang Tak Dirindukan adalah contoh film lain yang dapat menjadi pilihan. Karya yang mendapatkan rata-rata rating 7,4 dari 10 dari lebih 2.000 pengguna akun IMDb itu mendapatkan arahan dari Sutradara Kuntz Agus.

Baca juga: Iblis Dalam Darah Jadi Film Horor Religi Pembuka Ramadan 2023

Diperankan oleh Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, Raline Shah, dan sebagainya, film ini bercerita tentang seorang arsitek beristri yang terpaksa menikahi seorang wanita lain yang tengah depresi guna menyelamatkan hidupnya.  Pernikahan ini menyebabkan berbagai konflik dalam kehidupan sang arsitek yang tidak mungkin dihindarinya.
 
1
2


SEBELUMNYA

Captain Tsubasa Season 2 Siap Rilis Akhir 2023, Tampilkan Arc Junior Youth

BERIKUTNYA

My Hero Academia Season 7 Siap Bawa Cerita dari Arc Final War

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: