Iluastrasi konser dengan bantuan Metaverse dan AI (sumber gambar Unaplsah/Aditya Chinchure)

Konser Musik dengan Teknologi AI dan Metaverse Kian Marak, dari Ariana Grande hingga Glenn Fredly

08 March 2023   |   20:37 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Metaverse kian marak diimplementasikan dalam kehidupan manusia. Setelah fitur AI ChatGPT viral dibicarakan masyarakat, kini penerapan teknologi tersebut pun sudah mulai dipakai dalam berbagai kegiatan, salah satunya konser musik.

Belum lama ini, Google bahkan meluncurkan fitur baru berbasis AI untuk pembuatan musik bernama MusicLM. Uniknya, musik ini pun bisa diciptakan hanya dengan menerima perintah dari pengguna lewat teks yang mereka tuliskan.

Sementara itu, dalam konser musik, teknologi Metaverse juga sudah banyak diimplementasikan di berbagai gelaran panggung musik di dunia. Salah satunya lewat balutan teknologi hologram dengan menampilkan sosok yang telah tiada, tapi dapat dihadirkan sosoknya di atas panggung.

Baca juga: Ada 7 Item, Intip Starter Kit Wajib Nonton Konser BLACKPINK

Sebenarnya, adopsi teknologi metaverse sudah mulai diterapkan beberapa tahun belakangan ini dalam berbagai konser. Menurut beberapa sumber resmi, konser pertama di dunia dengan teknologi metaverse dilakukan oleh DJ Marshmello pada 2018.

Konser berbalut metaverse juga dihelat grup KPop asal Korea Selatan, Ulala Session pada 2022. Uniknya, mereka saat itu menampilkan hologram Lim Yoon Taek yang sudah meninggal di gelaran Superstar K3. Perlahan, penerapan metaverse pun mulai diimplementasikan dalam berbagai konser.

Dihimpun dari sumber resmi, berikut sederet konser dari penyanyi dan grup band dengan teknologi AI dan Metaverse yang menuai respons positif dan ditunggu penggemar di berbagai belahan dunia.


1. BTS

Boy band Korea Selatan BTS membawa single hit mereka Permission to Dance dan Butter ke dunia digital pada 2021. Superstar dari Negeri Gingseng itu juga  menampilkan konser kejutan sebagai bagian dari YouTube's ESCAPE2021. Namun, alih-alih muncul dalam bentuk manusia, anggota BTS berubah menjadi avatar Minecraft dan menampilkan single mereka di Minecraft.


2. Blackpink

Tak hanya BTS, girl group Blackpink juga pernah menghelat konser dalam balutan metaverse. Yaitu saat mereka bekerjasama dengan PUBG Mobile yang digelar pada Juli 2022. Dalam tajuk acara The Virtual itu Blackpink juga merilis video musik metaverse untuk single mereka Ready For Love, yang bahkan konser itu ditonton lebih dari 15,7 juta penonton. 


3. Travis Scott

Rapper Travis Scott juga pernah menggelar konser metaverse di Fortnite, aplikasi game besutan epc game yang juga memiliki dunia metaverse. Uniknya, konser virtual sembilan menit dilaporkan meraup keuntungan $20 juta, melebihi target pemasukan yang diharapkan penyelenggara. 


4. Ariana Grande

Penyanyi Ariana Grande juga berkolaborasi dengan Fortnite untuk penampilan metaverse pertamanya pada 2021.Pertunjukan metaverse selama tiga hari juga berhasil menarik jutaan penonton. Seperti acara Scott, acara Grande juga direkam sebelumnya dan disiarkan dalam format simulive. 

Baca juga: Konser 20 Tahun Maliq & D'Essentials Dihelat Mei 2023, Simak Cara Beli Tiketnya

Artinya, pemain harus masuk pada waktu tertentu untuk menonton pertunjukan, tetapi vokal dan penampilannya sudah direkam sebelumnya. Selain penampilan tersebut, pertunjukan itu juga dihelat dengan merchandise virtual bertema Ariana Grande serta pencarian Fortnite pasca-tur.

 
1
2


SEBELUMNYA

Meriahnya Festival Kampong Gelam Singapura di Bulan Ramadan, Ada Bazaar Makanan dan Buka Puasa Bersama

BERIKUTNYA

Mengintip Koleksi Terbaru Sejauh Mata Memandang yang Terinspirasi dari Jajanan Tradisional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: