Pertunjukan Papermoon Puppet Theatre asal Yogyakarta (Sumber gambar: Komunitas Salihara)

5 Pertunjukan Spesial Bakal Dipentaskan di Salihara Helateater 2023

14 February 2023   |   17:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para pencinta pertunjukan teater. Komunitas Salihara kembali menggelar Helateater, sebuah program yang menghadirkan sejumlah pertunjukan teater terkurasi. Program 2 tahunan itu akan kembali dihelat mulai 18 Februari hingga 12 Maret 2023 di Teater & Galeri Salihara, Jakarta.

Tahun ini, Helateater mengusung tema Teater Objek, sebuah gagasan yang menggunakan objek atau benda-benda di sekitar sebagai medium pertunjukan. Pertunjukan akan memanfaatkan objek seperti wayang, boneka, dan benda sehari-hari sebagai jantung utamanya.

Baca juga: EKI Dance Company Tampilkan Cerita Baru Tokoh Ken Dedes di Panggung Teater

Sama seperti dua gelaran sebelumnya, Helateater tahun ini kembali mengusung format undangan terbuka untuk menjaring beberapa kelompok teater. Undangan khusus ditujukan kepada para seniman muda untuk mengirimkan konsep dan gagasan yang matang baik dengan basis riset, tradisi, maupun eksplorasi.

Kurator Teater Komunitas Salihara, Hendromasto Prasetyo mengatakan bahwa tahun ini Helateater memilih empat kelompok teater yang kuat baik secara cerita maupun penggunaan objek yang terukur.

Merujuk pada tema Helateater 2023, pihak penyelenggara dan dewan juri memutuskan untuk memilih empat karya yang dinilai paling menjanjikan keberhasilan sebuah pentas teater berbasis objek seturut konsep karya masing-masing.

"Empat karya itu menawarkan pertunjukan yang kuat pada cerita dan berbeda satu sama lain, juga memiliki ansambel permainan objek yang rapi dan terukur," katanya dalam keterangan resminya.

Keempat kelompok seniman tersebut nantinya akan menampilkan pertunjukan teater terbaik mereka mulai 18 Februari hingga 12 Maret 2023. Adapun, bagi tiket bagi penonton dapat dibeli seharga Rp50.000 untuk pelajar, dan Rp75.000 untuk umum.

Selain itu, acara Helateater juga akan ditutup oleh penampilan spesial dari Papermoon Puppet Theatre asal Yogyakarta yang sudah melakukan banyak pertunjukan di tingkat nasional maupun mancanegara.

Berikut adalah jadwal lengkap pertunjukan Helateater.


1. Jalinan Kusam di Lemari Sosi

Penampil:  Flying Balloons Puppet ( Yogyakarta). 
Jadwal: Sabtu, 18 Februari 2023, 20:00 WIB | Minggu, 19 Februari 2023, 16:00 WIB

Pentas ini akan menyajikan permainan boneka di atas meja yang digabungkan dengan aktor dan manipulasi benda-benda keseharian. Hubungan aktor dengan objek dikembangkan ke dalam tiga kemungkinan; aktor sebagai dalang, aktor menggunakan objek sebagai properti pentas dan aktor adalah objek yang dimanipulasi oleh ruang dan aktor lainnya. Karya ini mengusung tema memori dan tantangan bagi perempuan terkait dunia domestik yang membesarkannya sekaligus kungkungan dunia sosial di sekitarnya.


2. Identikit

Penampil: SEKAT Studio (Bekasi, Jawa Barat)
Jadwal: Sabtu, 25 Februari 2023, 20:00 WIB | Minggu, 26 Februari 2023, 16:00 WIB

Identikit bercerita tentang seorang seniman yang mencoba menembus kerinduan kepada kekasihnya melalui permainan jailangkung, yang pada beberapa tempat di Indonesia dipercaya sebagai ritus penghubung dunia manusia dengan dunia arwah. Di dalamnya, pemanggung akan menghadirkan serangkaian objek, mulai dari topeng, boneka, aktor, bayangan hingga instrumen musik. Pada bentuknya yang paripurna, pentas ini akan menyuguhkan serangkaian permainan metafora terkait tubuh, pikiran dan jiwa manusia.
 
 

3. Bandung Bondowoso 

Penampil: Wayang Suket Indonesia (Tuban, Jawa Timur)
Jadwal: Kamis, 02 Maret 2023, 20:00 WIB | Jumat, 03 Maret 2023, 20:00 WIB

Pentas ini memberikan watak baru kepada Bandung Bondowoso sebagai lelaki baik dan bertanggung jawab terhadap pilihannya membangun seribu candi bagi Roro Jonggrang hanya dalam semalam. Penceritaan kembali legenda terkenal, tetapi dengan sudut pandang perwatakan yang berbeda, akan memberikan penonton kenikmatan tersendiri.

Baca juga: Teater Koma, Sejarah & Kenangan Nano Riantiarno

Pementasan ini juga akan menampilkan wayang suket (wayang yang terbuat dari rumput) dengan teknik teatrikal dan permainan bayangan, serta imbuhan elemen tari, musik dan seni rupa. Kelompok ini punya perhitungan terperinci mengenai konsep pemanggungan dan eksekusinya di atas panggung. 
1
2


SEBELUMNYA

Kai EXO Akan Kembali dengan Album Solo Maret 2023

BERIKUTNYA

Selain Cokelat & Bunga, Ini Dia 5 Ide Kado Unik dan Romantis untuk Hari Valentine

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: