Ilustrasi makanan sehat. (Sumber gambar : Unsplash/Broke Lark)

Ada Tyo Nugros, Intip 5 Artis yang Awet Muda Hingga Punya Berat Badan Ideal

09 February 2023   |   18:38 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah figur publik menjadi sorotan saat tampil berbeda. Sebut saja penyanyi Melly Goeslaw yang berat badannya turun drastis dan mantan Drummer Dewa 19, Tyo Nugros yang belakangan viral karena memiliki paras awet muda pada usia lebih dari 50 tahun. Namun yang pasti, kondisi tersebut didapatkan dengan cara sehat lho, Genhype. 

Ada sejumlah musisi dan artis lain yang juga sedang berjuang dan konsisten menjalani pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga. Selain untuk bisa mendapatkan hidup berkualitas, mereka juga bisa menjaga berat badan menjadi ideal.

Nah, berikut ini 5 musisi hingga artis yang menjalani pola hidup sehat. 
 

1. Tyo Nugros 


Mantan Drummer Dewa 19 ini viral saat tampil kembali di hadapan publik dalam konser band legendaris itu, di Jakarta International Stadium (JIS), akhir pekan lalu. Selain karena kepiawaiannya menabuh drum, Tyo mendapat perhatian karena wajahnya yang tampak awet muda.

Kulit wajah pemilik nama lahir Setyo Nugroho ini terlihat masih kencang walaupun sudah menginjak usia 52 tahun. Bukan karena perawatan kulit, melainkan dari kebiasaan hidup sehatnya. 

 

Tyo Nugros (Sumber foto Instagram)

Tyo Nugros (Sumber foto Instagram)


Dalam kanal YouTube Andra Ramadhan berjudul Tyo Nugros Ahli Gizi? yang diunggah beberapa waktu lalu, terungkap bahwa rahasia awet muda mantan Drummer Dewa 19 itu karena menjaga pola makan sehat. Dia berusaha menghindari konsumsi penyedap atau micin dan garam. Sudah dua tahun dia menghindari konsumsi penyedap itu. 

“Setiap hari engga pake MSG. Garam biasanya ga pake. Dari camilan segala macam itu sudah ada natriumnya, sodium, itu nahan air di bawah kulit. Jadi orang kenapa gak bisa kencang badannya, karena ada air di bawah kulit,” ungkapnya. 

Dia tidak masalah makan dengan rasa hambar asalkan tubuhnya tetap sehat. “Gue enggak apa-apa enggak enak di sini (tenggorokan), yang penting leher ke bawah enak. Orang kebanyakan lehernya dimanjain, enak. Sampai bawahnya, besoknya hancur, gue ga mau besoknya hancur,” tutur Tyo. 

Membatasi garam memang sangat berpengaruh bagi kesehatan. Menurut Ahli Gizi dr. Tan Shot Yen, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, pikun, tekanan darah tinggi, stroke, penyakit ginjal kronik. Kemudian kegemukan, kerapuhan tulang, hingga kanker lambung. “Jadi jangan sampai berlebihan mengonsumsi garam,” tegasnya.

Baca juga: Jadi Metode Diet Terbaik di Dunia, Cek 5 Keunggulan Diet Mediterania

Lagi pula, beberapa makanan sudah mengandung garam. Contoh makanan tersebut yakni berbagai ikan laut, kerang, rumput laut, wortel, brokoli, bayam, daun kelor, labu kuning, alpukat, hingga mangga. 

Selain membatasi garam dan micin, Tyo sebisa mungkin makan masakan rumah. Salah satu menu sehat yang dikonsumsi yakni dada ayam tanpa kulit. Tyo juga membatasi makanan berminyak terutama gorengan dan menjauhi mie instan. Sudah lebih dari 2 tahun dia tidak mengonsumsi mie instan.

Kendati demikian, selama sepekan, pria kelahiran 21 Desember 1970 itu menerapkan cheating day alias satu hari dalam seminggu bebas makan apapun. Itupun hanya berlangsung pada siang hari saja. Selain menerapkan pola makan sehat, Tyo berupaya disiplin berolahraga. 
1
2


SEBELUMNYA

Disney Akan Rilis Sekuel Animasi Frozen 3, Toy Story 5 & Zootopia 2

BERIKUTNYA

5 Karya Patung Unik yang Enggak Boleh Terlewatkan di Art Jakarta Gardens 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: