Seseorang berada di atas gunung. (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Guduru Ajay bhargav)

Ini 5 Ide Bisnis Menguntungkan yang Bisa Dilakukan Anak Gunung

05 February 2023   |   13:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang paling menyenangkan bagi sebagian orang. Selain dapat menikmati keindahan alam, mereka yang naik gunung juga dapat “bercengkerama” dan mengerti alam. Selain itu, hobi mendaki gunung juga bisa menjadi cuan jika kalian mampu menangkap peluangnya.

Kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Ada banyak risiko yang akan dihadapi jika seseorang memutuskan untuk naik ke sebuah puncak gunung. Selain tersasar, binatang, kondisi jalan dan gunung, dan hewan liar juga memberikan risiko.

Meskipun begitu, banyak wisatawan yang berminat untuk mendaki gunung. Beberapa di antaranya bahkan masih pemula. Mereka yang belum pernah naik gunung memiliki keinginan untuk mendakinya lantaran banyak hal.

Baca juga: Lagi Cari Ide Bisnis? 3 Hobi Ini Bisa Jadi Potensi Usaha

Salah satunya adalah berbagai informasi yang diperoleh dari media informasi tentang betapa indahnya pemandangan dari atas gunung. Tidak hanya itu, sejumlah film yang ditonton juga menjadikan mereka ingin mendaki gunung, terlebih pemerintah telah menghentikan PPKM.

Nah, bagi kalian anak gunung atau yang terbiasa dan ahli mendaki gunung, berikut sejumlah peluang bisnis yang bisa digarap dari berbagai sumber.


1. EO Pendakian Gunung

Bisnis pertama yang dapat dilakukan oleh anak gunung adalah dengan membuat event organizer naik gunung atau jasa layanan trip ke gunung-gunung tertentu. Kalian bisa menyediakan berbagai layanan komplet dari awal sampai akhir, seperti menuntun pendakian sampai ke puncak, membangun dan menyediakan tenda ketika sampai, porter, memberikan pengalaman menarik saat di atas gunung, sampai kembali turun.

Selain menyalurkan hobi mendaki gunung, kalian juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dari para wisatawan yang menjadi bagian dalam pelayanan trip mendaki gunung. Kemudian, para konsumen juga dapat merasakan pengalaman yang mungkin tidak dapat dilupakan saat berinteraksi dengan alam dalam perjalanan mendaki gunung.

Saat ini, ada banyak penyedia layanan jasa trip mendaki gunung dengan beragam kegiatan yang dapat dilakukan saat berada di atas gunung atau di tempat tujuan mendirikan tenda. Meskipun begitu, bisnis ini masih potensial lantaran pasarnya masih sangat terbuka luas.


2. Penyewaan Alat Naik Gunung

Ketika hendak mendaki gunung, para pendaki harus mempersiapkan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah kelengkapan atau alat untuk mendaki gunung. Jumlah alat yang harus dibawa tidak lah sedikit, dan harganya juga tidak murah.

Peralatan itu seperti tenda, sleeping bag, tas, kompor, dan sebagainya. Harga yang tidak murah membuat banyak pendaki memilih untuk menyewa peralatan-perlatan itu dibandingkan dengan membelinya.

Calon pendaki akan memilih menyewa peralatan naik gunung, dan mengalokasikan biaya untuk membeli peralatan jika memilikinya untuk yang lain seperti transportasi. Jadi, kalian pencinta gunung dapat melakoni bisnis penyewaan alat naik gunung.

Kalian bisa bekerja sama dengan sesama pencinta pendaki gunung untuk membangun usaha ini, dan menerapkan skema bisnis yang saling menguntungkan dan aman.

Baca juga: Bosan Lari di Jalan Raya? Cobain Sensasi Lari Trail di Gunung
1
2


SEBELUMNYA

Resep Soto Kuah Bening khas Boyolali, Sajian Segar Nan Hangat di Kala Hujan

BERIKUTNYA

Resep Shakshuka khas Afrika, Menu Olahan Telur yang Lezat dan Tinggi Protein

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: