Permainan berbasis Web3 Mythic Protocol (Sumber: Agate International)

Menilik Perkembangan Game Web3 di Tengah Crypto Winter 

29 January 2023   |   14:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Web 3.0 atau dikenal dengan Web3 adalah salah satu terobosan baru dalam dunia internet. Kehadirannya diprediksi akan merevolusi berbagai industri, termasuk permainan atau gim video. Era baru ini menghadirkan konsep bermain gim dengan memanfaatkan teknologi blockchain, menawarkan hal yang berbeda dari konsep saat ini. 

Permainan atau gim Web3 memungkinkan pemain bisa lebih terlibat di dalam judul-judul yang dimainkan, dengan cara yang lebih inovatif dan terdesentralisasi. Gim Web3  juga memungkinkan orang bermain dan menghasilkan uang melalui mata uang kripto dan non fungible token (NFT).

Dalam perkembangannya, sayangnya, mata uang kripto sebagai basis ekonomi gim Web3 sedang mengalami penurunan. Banyak pihak memprediksi era crypto winter sedang dimulai. 

Baca juga: Tren Web3 & Metaverse 2023: Industri Fesyen dan Hiburan Bakal Adopsi Lebih Masif

Chief Business Officer of Agate International Cipto Adiguno mengaku masih optimistis dengan perkembangan gim Web3. Sebab, teknologi ini memungkinkan para developer membuat bentuk-bentuk permainan baru yang sebelumnya sulit diciptakan. Namun, lantaran masih dalam tahap awal, bentuknya masih berevolusi dan mencari wujud terbaiknya. 

Oleh karena itu, Cipto masih berharap gim berbasis Web3 akan lebih mainstream. “Web3 game memungkinkan skema kepemilikan baru yang sebelumnya belum ada. Misalnya, kita punya NFT game edisi terbatas, lalu suatu saat harganya naik, kita bisa jual lagi. Jadi, ini potensi yang menarik,” katanya. 

Tak hanya jadi penonton, perusahaan game asal Bandung ini juga dalam setahun belakangan ikut terjun ke ranah permainan Web3. Baik itu membuat permainan untuk perusahaan mereka sendiri maupun klien. 
 

Memories (Sumber: Agate)

Memories (Sumber: Agate)

Ada beberapa produk Web3 game yang kini sedang dalam tahap pengembangan. Agate bahkan rutin mengeluarkan prototipe setiap beberapa bulan sekali. Selain itu, ada beberapa gim juga yang sudah dirilis dan terus berjalan hingga sekarang. Salah satunya yang cukup populer adalah Memories

Produk tersebut diklaim masih menjadi salah satu top visual novel app di Indonesia. Beberapa produknya juga cukup diminati oleh pangsa pasar di Amerika dan Inggris. Meski diakui pasarnya belum terlalu besar, Cipto meyakini produknya memiliki peminat terus naik. Oleh karena itu, dirinya optimistis industri Web3 game akan terus mengalami kemajuan meski sedang berada pada era crypto winter.

Game itu medium yang selalu berubah berdasarkan teknologi. 10 tahun lalu, mungkin kita masih bermain PlayStation di rumah, 10 tahun lagi kalau main game harus pergi ke tempat dingdong, kini kita bisa melakukan itu dengan gawai yang ada di kantong. Game akan selalu bisa berubah seiring perkembangan teknologi dan itu yang membuatnya tumbuh,” imbuhnya. 
1
2


SEBELUMNYA

5 Spot Wisata Nepal Selain Gunung, Bisa Tapak Tilas Sejarah Buddha

BERIKUTNYA

Rekomendasi Film Bioskop Februari 2023, Ada Genre Horor hingga Romantis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: