Cuplikan film Autobiography (Sumber gambar: KawanKawan Media)

5 Fakta yang Mungkin Kalian Belum Tahu soal Film Autobiography Karya Sutradara Makbul Mubarak

24 January 2023   |   19:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Satu lagi film Indonesia yang wajib masuk dalam daftar tontonan Genhype, Autobiography. Bergenre suspense-thriller, film karya sutradara Makbul Mubarak itu menyuguhkan cerita eksploratif seputar relasi antarmanusia dan kekuasaan, dengan suasana menegangkan dan teror yang kuat.

Autobiography berkisah tentang Rakib (Kevin Ardilova) yang bekerja menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan bernama Purna (Arswendy Bening Swara). Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga pun tak lagi kosong.

Baca juga: Review Autobiography, Saat Sisi Tergelap Manusia Terkuak

Setiap hari, Rakib menemani Purna dalam banyak kegiatan seperti berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya. Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok seorang ayah yang didambakannya. Hingga pada suatu hari, sebuah kejadian tak terduga mengubah semua itu.

Sebelum Genhype menonton filmnya di bioskop, yuk simak 5 fakta menarik film Autobiography berikut ini.


1. Debut Film Panjang Makbul Mubarak

Autobiography merupakan debut film panjang sutradara Makbul Mubarak. Sebelumnya, Makbul adalah kritikus film yang beralih menjadi pembuat film. Dia merupakan alumnus dari Berlinale Talents dan Asian Film Academy.

Sebelumnya, dia telah menyutradarai beberapa film pendek seperti The Dog's Lullaby (2016), Malediction (2017), dan A Plastic of Tea Before Her (2018). Film pendek garapannya yang berjudul Ruah (2017) berhasil mengantarkannya memenangkan Piala Citra untuk kategori Film Pendek Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia 2017. Kini dia memulai debut film fitur atau film panjangnya.
 

Poster film Autobiography (Sumber gambar: KawanKawan Media)

Poster film Autobiography (Sumber gambar: KawanKawan Media)

2. Dapat Standing Ovation di Festival Internasional

Film Autobiography sukses ditayangkan secara world premiere di Venice International Film Festival 2022 pada 3 September 2022 di bioskop Sala Darsena. Sebanyak 1.400 orang di festival bergengsi itu memadati ruang bioskop untuk menonton film Autobiography.

Setelah film selesai diputar, para pemain dan kru yang hadir bahkan mendapatkan standing ovation selama 4 menit dari para penonton. Selanjutnya, film Autobiography juga ditayangkan di Palabiennale, bioskop terbesar yang dimiliki Venice Film Festival dengan kapasitas hampir 2000 orang.


3. Sabet Sejumlah Penghargaan Internasional

Sebelum tayang di bioskop, film ini mewakili Indonesia untuk berkompetisi di dua festival film internasional bergengsi yakni Venice International Film Festival 2022 dan Toronto International Film Festival 2022. Autobiography berkompetisi di seksi Orizzonti (Horizons) sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara, bersaing dengan film-film lain dari Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Perancis, dan Iran.

Tak hanya tayang, film Autobiography juga menyabet sejumlah penghargaan di berbagai ajang internasional diantaranya The International Critics Prize for Best Film di Venice Film Festival 2022, Feature Fiction Award Winner di Adelaide Film Festival 2022, Grand Prize Winner di Tokyo Filmex 2022, dan Best Screenplay di Asia Pacific Screen Awards 2022.
1
2


SEBELUMNYA

Keren, Distrik di Papua Ini Sudah Pakai Kendaraan Listrik Sejak 16 Tahun Silam

BERIKUTNYA

Tuai Kontroversi, Kylie Jenner Berkostum Replika Kepala Singa di Paris Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: