Ilustrasi Hari Raya Imlek (Sumber: Alezander Grey/Unsplash)

5 Mitos & Pantangan Tahun Baru Imlek, Bisa Mengusir Keberuntungan

22 January 2023   |   08:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tepat hari ini, 22 Januari 2023, masyarakat Tionghoa merayakan pergantian tahun baru dalam kalender China. Hari Raya Imlek merupakan hari pertama yang menandai kalender Tionghoa 2574 Kongzili. Memasuki tahun yang baru, masyarakat Tionghoa umumnya menghiasi sudut rumah dengan warna-warna merah yang menandakan kemakmuran.

Pembedanya mungkin terletak pada ornamen kelinci. Benar bahwa tahun ini merupakan tahun dengan shio dan elemen kelinci air. Sudah dirayakan ribuan tahun yang lalu, setiap pergantian tahun baru Imlek memang akan diperingati dengan elemen yang berbeda. Namun yang jelas, imlek selalu identik dengan maksud menyambut tahun yang baru dengan harapan melimpahnya kemakmuran dan kesejahteraan.

Meski berlangsung dari tahun ke tahun, nyatanya perayaan tahun baru bagi masyarakat Tionghoa ini masih menyimpan segudang mitos dan pantangan terkenal, yang sebaiknya dihindari. Yuk simak apa saja pantangan mengenai hari Imlek dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tradisi Berbagi Angpau yang Identik dengan Imlek
 

1. Tidak Boleh Menyapu

Ilustrasi menyapu (Sumber gambar: CDC/Unsplash)

Ilustrasi menyapu (Sumber: CDC/Unsplash)

Menyapu sebaiknya dilakukan sebelum malam pergantian tahun. Saat lantai terlihat kotor karena banyak sanak saudara yang bertamu, tidak sedikit yang membiarkannya hingga pergantian hari. Hal ini masih terkenal dan cukup melekat dengan mitos Imlek.

Melakukan hal tersebut saat hari raya, tepatnya pada hari pertama, diartikan dengan seseorang yang menyapu keberuntungan agar pergi dari hidupnya. Menyapu pada hari penting ini juga disebut akan menyingkirkan kemakmuran yang mungkin datang di tahun ini secara tidak langsung.
 

2. Istri Tak Boleh Berkunjung ke Orang Tua Hari Pertama

Ilustrasi wanita yang sudah menikah (Sumber gambar: Angela Roma/Pexels)

Ilustrasi wanita yang sudah menikah (Sumber: Angela Roma/Pexels)

Dilansir dari Confucius Institute For Scotland, wanita yang sudah menikah dilarang untuk bersegera mengunjungi rumah orang tuanya pada hari pertama tahun baru China. Hal ini berhubungan dengan kelancaran hubungan rumah tangga sepanjang tahun. Istri baru boleh mengunjungi orang tuanya kira-kira pada hari kedua atau hari ketiga. Namun, apabila orang tua yang mendatangi rumah anaknya, maka hal itu tak masalah.
 

3. Hindari Keramas

Ilustrasi keramas (Sumber gambar: Cottonbro Studio/Pexels)

Ilustrasi keramas (Sumber: Cottonbro Studio/Pexels)

Sebetulnya, Imlek merupakan hari pertama yang membuka tahun baru, tapi perayaannya tidak hanya dilakukan pada hari itu saja. Namun, sebagai pembuka tahun, sebaiknya kamu tidak mencuci rambut atau berkeramas. Sama seperti menyapu, secara sederhana, membersihkan rambut pada hari pertama Imlek akan menguras semua keberuntungan. Disarankan untuk membersihkan rambut pada hari sebelum atau setelah pergantian tahun baru Imlek.

Baca juga: Berikut 5 Rekomendasi Dress Cheongsam untuk Percantik Tampilanmu di Imlek 2023
1
2


SEBELUMNYA

NCTzen Siap-siap, NCT Dream Bakal Konser 3 Hari di Indonesia

BERIKUTNYA

Review A Space for the Unbound, Proses Pendewasaan yang Penuh Makna & Nostalgia 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: