Ilustrasi Jalan Malioboro di Yogyakarta (Sumber gambar: Farhan Abas/Unsplash)

Cek Daftar Agenda Wisata di Yogyakarta 2023, Ada ArtJog & Ngayogjazz!

06 January 2023   |   09:43 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini, berwisata sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat. Terlebih, terbukanya akses informasi terhadap berbagai destinasi wisata termasuk agenda-agenda kesenian dan budaya di berbagai daerah, memudahkan para pelancong untuk vakansi kapan saja dan mengatur sendiri rencana perjalanannya.

Sejak pengujung tahun lalu, sejumlah dinas pariwisata di beberapa daerah mulai merancang dan mempublikasikan rangkaian agenda sepanjang 2023 yang terdiri dari beragam kegiatan mulai dari festival seni, budaya, kuliner, hingga olahraga.

Baca jugaKarya Seniman Jogja Hahan Ada di Jam Tangan, Segini Harganya

Beberapa di antaranya bahkan merupakan agenda unggulan dari daerah yang terbukti mampu menarik banyak wisatawan. Penyusunan agenda pariwisata ini dilakukan oleh pemerintah daerah serta para mitra dan komunitas yang terlibat untuk mendongkrak kualitas dan kuantitas wisatawan yang berkunjung ke wilayah mereka.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengumumkan Launching Kalender Semarak Event Pariwisata Yogyakarta (Laksmita), salah satu program strategi instansi tersebut dalam mempromosikan sektor pariwisata melalui beragam agenda.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, mengatakan setidaknya akan ada sekitar 60 agenda pariwisata yang akan digelar di Yogyakarta sepanjang 2023 mendatang.

Dari puluhan acara yang akan digelar, 12 di antaranya merupakan agenda unggulan yang paling banyak dinantikan oleh masyarakat. “Total ada sekitar 60 event yang akan digelar di Yogyakarta tahun depan, 12 di antaranya merupakan event-event unggulan,” katanya.

Kedua belas agenda unggulan tersebut yaitu Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) XVIII, Jogja Cross Culture, Pawai Alegoris Harmoni Jogja, ArtJog 2023 dan Prambanan Jazz 2023. Selain itu, ada juga akan Pasar Kangen, Sumonar Fest 2023, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC), Kustomfest, Biennale Jogja, Malioboro Coffee Night, dan Ngayogjazz.
 

Promosi Wisata
Dia mengatakan peluncuran kalender wisata ini merupakan salah satu program strategis Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk mempromosikan pariwisata melalui rangkaian agenda yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu, kalender pariwisata ini juga diharapkan dapat memudahkan akses informasi pariwisata di Kota Yogyakarta.

Wahyu menargetkan rangkaian kegiatan yang ada dalam Laksmita ini juga dapat masuk ke dalam kalender event nasional milik Kemenparekraf. Sebab, menurutnya, Yogyakarta memiliki banyak acara berkualitas yang mestinya bisa lebih dipromosikan salah satunya melalui dukungan pemerintah pusat.

"Sehingga event-event tersebut dapat menjadi daya tarik wisata serta menjadi penggerak ekonomi dan mampu membangkitkan sektor pariwisata ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Baca jugaAntologi Film Pendek Piknik Pesona Jadi Pembuka Jogja Netpac Asian Film Festival 2022

 
1
2


SEBELUMNYA

Mencuri Raden Saleh Tayang di Netflix, Intip Sinopsisnya Yuk

BERIKUTNYA

Begini Alasan Kaum Ibu & Pesohor Memilih Emas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: