Efek atau kembang yang dikeluarkan oleh kembang api memiliki beragam jenis. (Sumber gambar ilustrasi: Unsplash/ Kyle Thacker)

Mau Beli Kembang Api Untuk Tahun Baru? Yuk Kenali Jenis Kembang Api

31 December 2022   |   12:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Saat merayakan malam pergantian tahun, satu hal yang tidak pernah absen adalah pesta kembang api yang membuat langit berwarna – warni dan menjadi cerah. Tanpanya, perayaan malam tahun baru terasa kurang meriah. Ternyata, kembang api tak hanya satu jenis loh, ada berbagai macam jenis kembang api yang memiliki efek berbeda dan unik.

Sebelum memutuskan untuk membeli kembang api, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa itu kembang api, perbedaannya dengan petasan, dan jenis-jenisnya agar tidak salah saat melakukan pembelian.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring Kemendikbudristek, kembang api memiliki definisi petasan yang menyemburkan pijar – pijar api di udara. Sementara petasan memiliki arti mercon: memasang – membakar mercon supaya meledak.

Baca jugaRekomendasi 6 Lokasi Pesta Kembang Api Terbaik 2023 di Indonesia

Kemudian, kembang api ternyata memiliki beragam jenis, dari yang dipegang di tangan sampai dengan yang diluncurkan ke udara dan menghasilkan berbagai bentuk yang indah dengan warna yang berbeda-beda.

Saat membeli kembang api, kalian harus memiliki kesadaran bahwa jenis kembang api apa pun memiliki potensi membuat cedera. Jadi, pastikan selalu berhati-hati saat bermain atau menyalakan kembang api. Berikut beragam jenis kembang api dirangkum dari berbagai sumber:


Repeaters

Sesuai namanya, yakni repeaters atau berulang, kembang api jenis ini akan meluncurkan kembang api ke udara secara berulang atau terus menerus ke udara. Jumlah tembakan ke udara jenis kembang api ini bervariasi, seperti dari belasan, puluhan, sampai dengan ratusan kali tembakan.

Tidak hanya itu, kembang api jenis repeaters ini juga memiliki efek pijaran api yang beragam saat mencapai udara. Jenis-jenisnya seperti panoramic, palm tree, pearl comets, crakcle, color change atau wave, dahlia, glitter, dan sebagainya. Jenis kembang api repeaters merupakan jenis kembang api yang masuk dalam kategori aerial.


Assortments

Jenis kembang api lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk merayakan malam pergantian tahun adalah jenis assortments atau beragam. Kembang api jenis ini akan meluncur di udara satu kali ketika dinyalakan.

Biasanya, kembang api jenis ini tidak hanya satu jenis, dan diluncurkan secara bersamaan ke udara sehingga menghasilkan pijar api di udara yang beragam. Kembang api ini memiliki efek atau pijaran api beragam atau multi-effect.


Reloadable Mortars

Kembang api jenis ini adalah jenis kembang api seperti mortir. Genhype dapat mengisi ulang kembang api yang diluncurkan ke udara seperti layaknya mengisi mortir.

Kembang api yang diluncurkan ke udara reloadable mortars memiliki beragam efek, pijar, atau kembang ketika sampai di udara. Efek itu seperti `multi-effect, palm tree, peony, whistle, dahlia, crackle, dan sebagainya.


Roman Candles

Roman candles adalah jenis kembang api yang kerap menjadi pilihan bagi keluarga dalam merayakan malam pergantian tahun. Kembang api yang juga disebut dengan kembang api stik ini biasanya dipegang dan diarahkan ke udara saat dinyalakan.

Stik yang dipegang akan menembakkan kembang api dengan jumlah yang beragam. Jenis kembang api ini juga memiliki baragam efek atau bunga api ketika berada di udara, seperti peony, report, stars, strobe, whistle, dan sebagainya.


Aerial Spinners

Di Indonesia, kembang api ini disebut dengan kembang api gasing karena akan berputar-putar di darat. Berbeda dengan kembang api pada umumnya, kembang api yang satu ini tidak terbang lurus atau meluncur ke udara.

Kembang api ini akan berputar dan mengeluarkan pijar api ketika dinyalakan. Efek bunga api yang dihasilkan oleh kembang api ini seperti crackle, spray, dan whistle.


Parasut

Jenis kembang api lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk merayakan malam pergantian tahun adalah jenis parasut. Jenis ini merupakan jenis yang akan meluncur ke udara kemudian jatuh perlahan sambil mengeluarkan efek.

Kembang api jenis parasut memiliki efek parasut, crackle, dan stars saat mencapai udara dan perlahan turun atau jatuh seperti layaknya parasut.

Baca jugaCek 6 Titik Lokasi Festival Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta
1
2


SEBELUMNYA

Cara Membuat Recap 2022 di Instagram, Yuk Bikin Video Akhir Tahun yang Estetik!

BERIKUTNYA

Tip Memilih Ikan Segar Untuk Tahun Baru, Intip Resepnya Juga Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: