Di berbagai negara, gereja-gereja dengan arsitektur menawan biasanya merupakan peninggalan kerajaan yang mayoritas rakyatnya memeluk agama Katolik atau Nasrani. Ilustrasi Sagrada familia (Sumber gambar: Unsplash/Miltiadis Fragkidis)

8 Gereja dengan Arsitektur Terindah di Dunia

24 December 2022   |   14:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gereja merupakan tempat ibadah umat Kristiani yang tersebar di seluruh dunia. Setiap negara pun memiliki gereja dengan bangunan beragam serta desain yang unik. Oleh karena itu, selain menjadi tempat ibadah, gereja juga menjadi tujuan wisata religi umat Kristiani tanpa mengurangi kesakralannya. 

Kata gereja sendiri berasal dari bahasa Yunani Ekklesia yang berarti perkumpulan, atau orang-orang yang dipanggil keluar. Frasa tersebut kemudian digunakan untuk menggambarkan komunitas Kristen secara keseluruhan di seluruh dunia yang memiliki hubungan pribadi dengan Yesus Kristus.

Di berbagai negara, gereja-gereja dengan arsitektur menawan biasanya merupakan peninggalan kerajaan yang mayoritas rakyatnya memeluk agama Katolik atau Nasrani. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah bangunan gereja terindah di dunia yang bisa Genhype kunjungi saat liburan Natal tahun ini.

Baca juga10 Gereja Tertua di Dunia
 

1. Sagrada Familia, Spanyol

 

ilustrasi Sagrada Familia(sumber gambar Unsplash/Miltiadis Fragkidis)

ilustrasi Sagrada Familia (Sumber gambar: Unsplash/Miltiadis Fragkidis)

Salah satu gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang wajib dikunjungi saat liburan Natal adalah Sagrada Familia yang terletak di Barcelona, Spanyol. Gereja ikonik ini juga sering menjadi lokasi syuting film Hollywood sehingga sangat populer di dunia.

Dibangun sejak 1882, desain gereja ini dirancang oleh arsitek kenamaan Antoni Gaudi, meski hingga dia meninggal gereja yang diberkati pada 2010 itu  belum selesai dibangun. Akan tetapi, gereja yang masuk situs warisan dunia UNESCO ini tetap memiliki bangunan yang indah.
 

2. Notre Dame de Paris, Prancis

 

Ilustrasi Katedral Notre Dame (Sumber gambar Unsplash/Sebastien)

Ilustrasi Katedral Notre Dame (Sumber gambar: Unsplash/Sebastien)

Gereja ikonik di Prancis ini adalah salah satu bangunan arsitektur indah abad pertengahan yang paling populer di dunia, tidak hanya sebagai gereja. Pembangunan katedral ini dimulai pada 1160 dan hampir rampung pada 1260, serta terus mengalami perubahan selama beberapa abad selanjutnya.

Sayangnya, pada 15 April 2019, bangunan bersejarah ini mengalami kebakaran terburuk sepanjang sejarah. Peristiwa naas itu menyebabkan salah satu puncak menaranya yang ikonik roboh. Saat ini Notre Dame masih dalam tahap rekonstruksi pemugaran  oleh pemerintah Prancis. 
 

3. Basilika Santo Petrus, Vatikan

 

Basilika Santo Petrus. (Dok Wikimedia/ Alvesgaspar)

Basilika Santo Petrus (Sumber gambar: Wikimedia/ Alvesgaspar)

Di Italia, tepatnya di wilayah Vatikan, juga terdapat gereja dengan arsitektur terindah di dunia, yakni St. Peter's Basilica yang dapat menjadi tujuan wisata religi kalian pada saat libur Natal dan Tahun Baru. Tentu saja hal itu akan membuat liburan Genhype lebih berkesan.

Gereja yang memiliki interior luas dengan pilar-pilar utama di bagian depannya ini didesain oleh maestro seni dunia, termasuk Michelangelo, Carlo maderno, dan Gian Lorenzo Bernini. Basilika Santo Petrus merupakan gereja kedua terbesar di dunia, serta gereja yang paling banyak dikunjungi umat Katolik.
 

4. Duomo di Milano, Italia

 

Ilustrasi Duomo de Milano (sumber gambar Unsplash/Daryan Shamkhali)

Ilustrasi Duomo de Milano (Sumber gambar: Unsplash/Daryan Shamkhali)

Selain St. Peter's Basilica, di Negeri Sepatu Boot Italia  juga terdapat gereja lain bernama Duomo di Milano yang bisa menjadi alternatif saat melancong pada libur Nataru. Italia memang menjadi salah satu negara yang memiliki banyak gereja dan katedral-katedral unik.

Adapun, katedral Duomo sendiri merupakan bangunan gereja dengan desain gotik yang didesain oleh puluhan arsitek. Keunikan gereja ini adalah terdapat patung-patung abad pertengahan di bagian depannya serta ukiran perjalan hidup Yesus dari lahir hingga penyaliban di pintu utamanya yang terbuat dari tembaga. 
1
2


SEBELUMNYA

5 Lagu Natal Paling Populer, Cek Maknanya Yuk!

BERIKUTNYA

5 Lukisan Ikonik tentang Yesus, dari Karya Leonardo da Vinci hingga El Greco

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: