Ilustrasi kedai kopi ramah teman tuli (Sumber gambar: Cottonbro Studio/Pexels)

6 Rekomendasi Kedai Kopi Ramah Teman Tuli, Ngopi Sekaligus Belajar Bahasa Isyarat!

21 December 2022   |   18:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pengusaha di Indonesia mulai mendorong disabilitas untuk bekerja dan berkarya. Sudah banyak teman-teman disabilitas yang mendapat kesempatan bekerja setara seperti orang lainnya. Hal ini juga turut mendadi kemajuan industri usaha yang turut memberi peluang besar bagi teman-teman disabilitas untuk bekerja.

Salah satu industri yang sedang ramai mengangkat pekerja teman tuli datang dari industri kedai kopi. Sebagaimana diketahui, belakangan sejumlah kedai kopi sudah mulai memperkerjakan teman-teman tuli atau tunarungu. Beberapa di antaranya bekerja sebagai barista.

Tidak hanya mengangkat teman tuli sebagai pekerja, berbagai kedai kopi juga memberi wadah bagi teman serupa yang kesulitan berinteraksi saat memesan kopi. Beberapa kedai kopi bahkan membuka kedai yang khusus diperuntukan bagi teman tuli, sehingga pengunjung harus menggunakan bahasa isyarat saat memesan.

Baca juga: Rekomendasi 5 Kedai Ramen Halal di Jakarta dengan Rasa Otentik

Yuk simak rekomendasi kedia kopi yang ramah teman tuli berikut!


1. Sunyi Coffee Kota Tua, Jakarta

 

Mengangkat kata sunyi sebagaimana nuansa di kedainya, Sunyi Coffee hadir memfasilitasi teman tuli dari kalangan pekerja dan pelanggan. Teman tuli bisa menikmati kopi sembari bersantai menikmati indahnya kawasan Kota Tua Jakarta. Terletak di dalam Gedung Roterrdamsche Llyod, kedai kopi ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB. Teman tuli menjadikan kopi sebagai kanvas untuk menggaungkan kesetaraan dan inklusivitas. Kamu bisa menikmati ragam jenis kopi mulai harga Rp28.000.


2. Koptul, Depok

 

Koptul merupakan singkatan dari Kopi Tuli, sebuah kedai kopi yang datang untuk menjembatani pekerja tunarungu dengan pembelinya. Bertempat di jalan H Asmawi, Beiji, Depok, Koptul buka dari siang mulai pukul 14.00 – 21.00 setiap harinya, kecuali hari Senin. Beberapa menu yang bisa dinikmati di kedai ini adalah Tanah Susu, Daun Susu, Kopi Siput, Kosu Koso, dan lainnya.


3. Sando Seraya, Jakarta

 

Sando Seraya merupakan franchise kedai kopi lain yang dihadirkan oleh Sunyi Coffee. Teman tuli di sekitar Rawamangun, Jakarta Timur bisa hadir langsung menikmati kopi dengan cita rasa khas di Sando Seraya. Kedai kopi ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB. Selain kopi, Sando Seraya juga menyediakan makanan loh, Genhype. Kamu bisa menikmati menu lezat seperti Taiwanese Chicken Sando, Tokyo Blackpepper Katsu Sando, dan menu lainnya dengan harga yang ramah di kantong.
 
1
2


SEBELUMNYA

Alice in Borderland S2 Tayang, Yuk Cek Fakta Menariknya!

BERIKUTNYA

5 Cara Alami yang Efektif Hilangkan Bau Sepatu Membandel 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: