Beberapa drakor yang tayang selama 2022.

Kaleidoskop 2022: Kilas Balik Drakor 2022, Alur Cerita Beragam yang Unik & Penuh Intrik

18 December 2022   |   09:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Drama Korea menjadi tontonan menarik sepanjang 2022. Hadir di sejumlah platform over the top (OTT) seperti Netflix, Viu, Disney Hostar, WeTv, serial dari Negeri Gingseng itu cukup menghibur dan mengisi waktu luang masyarakat Indonesia, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Sepanjang 2022, tema drakor cukup beragam dan beberapa diantaranya mampu mecapai rating tinggi. Mulai dari kedokteran, sulap, olahraga, zombie, sci fi, kerajaan, bisnis, dan tentunya hukum yang merajai serial Korea selama tahun ini.

Dirangkum Hypeabis.id, berikut daftar drama Korea yang menarik ditonton selama 2022. 

Baca jugaIsland hingga Trolley, Intip Drama Korea yang Akan Tayang Desember 2022


1. Ghost Doctor

Diperankan Rain, Kim Bum, Uee, Son Na Eun, Hani, dan aktor senior Sung Dong-Il, Ghost Doctor merupakan serial medis fantasi yang bercerita tentang dua dokter, Cha Young-min dan Go Seung-tak, yang memiliki perbedaan dalam latar belakang, kemampuan, dan kepribadian yang akhrinya bisa bergabung dalam satu tubuh dan jiwa.

Drama ini menceritakan kisah emosional dari dokter bedah toraks jenius, tetapi arogan dan egois bernama Yeong-min. Karena kasus yang tidak terduga, rohnya merasuki tubuh dokter lain, Go Seung Tak (Kim Bum).

Go Seung Tak merupakan dokter muda yang sangat cerdas dan dari keluarga kaya. Dengan sekian banyak konflik yang muncul, drakor Ghost Doctor ini mengakhiri episodenya dengan rating sebesar 7,9 persen. 


2. Our Beloved Summer

Drakor bergenre komedi romantis ini berkisah tentang keseruan hubungan dua remaja sekolah yang sempat menjalin cinta namun terpisah karena ego masing-masing. Ketika dewasa mereka dipertemukan kembali dan terpaksa mengulang kembali proyek film dokumenter yang menampilkan cerita kehidupan masa SMA. 

Diperankan Choi Woo-shik sebagai Choi Woong dan Kim Da-mi sebagai Kook Yeon-soo, drakor yang membawa penonton kepada kenangan di masa muda dan sekolah yang indah ini berakhir pada 25 Januari 2022. Our Beloved Summer mencetak rating tertingginya, 6,5 persen.


3. Money Heist: Korea - Joint Economic Area Part 1

Money Heist: Korea - Joint Economic Area Part 1 bercerita tentang sekelompok orang yang merencanakan sebuah perampokan menjelang proses reunifikasi antara Korea Utara dan Korea Selatan yang semakin dekat. Pemicunya karena ada ketidakadilan di tengah masyarakat akibat proses reunifikasi ini.

Uniknya, para penjahat yang dikumpulkan seseorang yang disebut profesor ini saling tidak mengenal satu sama lain. Berlatar beberapa profesi, bahkan ada bekas tentara dari Korea Utara, mereka mencuri uang reunifikasi yang sedang dicetak dan belum diterbitkan negara. 

Selama periode penayangannya, Money Heist: Korea - Joint Economic Area Part 1 berhasil menduduki peringkat global di Netflix. Serial yang akan berlanjut pada bagian kedua ini, tembus 33,7 juta jam penayangan di Netflix pada 20-26 Juni 2022.


4. Twenty Five Twenty One

Drakor ini menjadi tontonan paling populer di Korea Selatan sejak penayangannya. Menurut laporan Good Data Corporation per 9 Maret 2022, Twenty Five, Twenty One menduduki puncak drama yang paling banyak ditonton selama empat minggu berturut-turut.

Ketiga pemainnya yakni Kim Tae-ri, Nam Joo-hyuk dan Bona WJSN, pun menjadi aktor yang paling menarik perhatian dan masing-masing berada di nomor 1, 2 dan 3, menurut laporan tersebut.

Selain itu, menurut data Nielsen Korea, Twenty Five, Twenty One berhasil menembus rating tinggi nasional rata-rata dengan 10,9 persen. Di Korea Selatan, rating dengan dua digit seperti itu boleh dibilang merupakan bukti bahwa suatu tontonan memang menjadi populer di negara tersebut.

Twenty Five, Twenty One mengikuti kisah kehidupan romantis anak muda selama tahun 1998 hingga 2021. Dalam drama ini, Kim Tae-ri berperan sebagai Na Hee-do, pemain anggar profesional dari tim nasional yang berani dan tidak pantang menyerah.

Na Hee-do kemudian dipertemukan dengan reporter Baek Ji-yin (Nam Joo-hyuk) yang berjuang dari keterpurukan ekonomi akibat bisnis keluarganya yang bangkrut. Kisah percintaan mereka pun cukup menarik dan mendapatkan ending yang tidak terduga. 


5. Extraordinary Attorney Woo

Extraordinary Attorney Woo bercerita tentang seorang pengacara berusia 27 tahun bernama Woo Young-woo yang memiliki penyakit autisme. Hal yang membuatnya menarik adalah dia memiliki IQ 164, ingatan yang kuat, dan cara berpikir kreatif. 

Kondisi itu membuat dirinya bisa menjadi lulusan terbaik dalam jurusan hukum Universitas Nasional Seoul. Namun, Young-woo memiliki kesulitan interaksi dengan rekan kerjanya.

Capaian drama ini bisa mulai dilihat pada peringkat drama dan aktor yang paling banyak dibicarakan (buzzworthy) per 7 Juli 2022. Berdasarkan data peringkat mingguan dari Good Data Corporation, serial Extraordinary Attorney Woo dan aktris Park Eun-bin (pemeran Woo Young-woo) menjadi yang paling banyak dibicarakan dan menempati peringkat pertama. Menurut laporan Nielsen Korea, episode akhir drama Extraordinary Attorney Woo mencatat rating tertingginya sebesar 17,53 persen.
1
2


SEBELUMNYA

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara, Mengecat pintu hingga Bunyikan Lonceng

BERIKUTNYA

Intip 5 Resep Barbeku untuk Tahun Baruan yang Lebih Hangat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: