Head in the Clouds Jakarta. (Sumber gambar: 88 Rising)

Kaleidoskop: Keseruan Konser dan Festival Musik di Indonesia Sepanjang 2022

17 December 2022   |   18:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tahun ini menjadi momen bangkitnya industri konser dan festival musik Indonesia. Pasalnya, tahun ini menjadi gerbang pembuka gelaran konser secara offline atau tatap muka setelah sempat vakum akibat pandemi Covid-19. Meski aturan mengenai kapasitas penonton cukup ketat, antusiasme penonton pun tak surut.
 
Terdapat beberapa konser dan festival musik yang cukup berkesan sepanjang 2022. Panggung konser yang diisi oleh ragam musisi lokal dan internasional pun tak luput dilirik oleh penggemar jenis hiburan ini. Hypeabis.id merangkum sejumlah konser dan festival musik sepajang 2022 yang menarik. Yuk simak Genhype!

Baca juga: Dua Tahun Pandemi, Industri Konser Musik Bangkit Lagi
 

1. Mandalika Tropical Fest

Mandalika Tropical Fest diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mengisi ramaikan agenda MotoGP yang berlangsung di Mandalika, konser tersebut dilangsungkan dalam dua hari yang dimeriahkan oleh musisi rock Indonesia. Ada Rocket Rockers, Jamrud, Superman is Dead, Iwa K, Shaggydog, dan ditutup oleh penampilan grup musik legenda Indonesia yakni Godbless. Konser ini menjadi salah satu rangkaian konser menarik dimana jarang sekali promotor yang mengambil tempat konser di kawasan Sirkuit.
 

2. Big Bang Jakarta 2022

Big Bang Jakarta menjadi saksi bergeloranya festival musik yang disajikan secara tatap muka. Dilangsungkan sejak 22 April 2022, konser yang mengambil tempat di kawasan JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut berhasil menyihir setidaknya 500.000 penonton yang hadir. Beberapa musisi yang mengisi konser tersebut adalah Fiersa Besari, Feel Koplo, Tulus, Fourtwnty, Kahitna, Kunto Aji, Pamungkas, dan lainnya. Konser itu juga diramaikan dengan rangkaian festival kuliner.
 

3. Java Jazz Festival

 

Java Jazz Festival menambah keseruan konser yang berlangsung sepanjang 2022. Melanjutkan konser Jazz yang seperti tahun-tahun sebelumnya, Java Jazz tahun ini mengambil tempat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada 27-29 Mei 2022. Konser ini juga menjadi saksi dari antusiasme penikmat musik Jazz di Indonesia. Puluhan musisi Jazz hadir mengisi megahnya panggung Java Jazz yang berlangsung dalam 3 hari tersebut, di antaranya ada Yura Yunita, Sandhy Sondoro, Nadin Amizah, Ify Alyssa, Rizky Febian, The Soulful, RAN, Endah N Rhesa, dan lainnya.


4. Prambanan Jazz Festival

Mengambil latar tempat Candi Prambanan yang ikonik di Yogyakarta, festival musik tahunan Prambanan Jazz Festival diselenggarakan pada 1-3 Juli 2022. Ratusan penonton memadati area Prambanan yang tampak estetik di tengah cuaca yang cerah. Banyak musisi Indonesia yang hadir memadati konser tersebut mulai dari Andien, Fiersa Besari, Dere, Tulus, Kunto Aji, Padi Reborn, dan lainnya.
 

5. (G)I-DLE World Tour

Bulan Agustus menjadi langkah awal bagi musisi mancanegara menginjakkan kakinya di Indonesia. Girlgroup asal Korea Selatan (G)-IDLE memasukan Jakarta sebagai salah satu kota dalam rangkaian tur dunianya. Mengambil tempat di The Kasablanka Hall pada 27 Agustus 2022, konser itu berhasil dipadati ratusan penggemar musik K-Pop. Tidak hanya konser, mereka juga membuka kesempatan bagi fans untuk bertegur sapa secara langsung melalui rangkaian fanmeeting.
 

6. KVFest 2022

Masih di bulan Agustus, kali ini grup K-Pop lainnya yaitu Secret Number menggebrak panggung Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada 28 Agustus 2022. Penonton juga disuggihkan idol K-Pop lainnya yang tampil di festival musik tersebut, seperti Jessi dan B.I. Sementara itu, ada musisi Indonesia yang ikut tampil di konser bertajuk musik Korea tersebut yakni Afgan dan Ramengvrl. Konser itu cukup mengobati kerinduan penggemar musik K-Pop dengan gelarna konser offline.
 

7. NOAH – Dekade Experience

Menjadi saksi yang menemani kehidupan remaja milenial, tak heran jika konser NOAH pada September 2022 itu dipadati oleh penggemar Ariel dan kawan-kawan. Berlangsung di Plaza Parkir Barat, JIEXPO, Jakarta Pusat, konser itu dilangsungkan untuk merayakan 10 tahun NOAH dalam bermusik. Mereka juga mampu mengajak penonton bernyanyi bersama dalam lagu hits mereka seperti Menghapus Jejakmu, Separuh Aku, dan lainnya.
 

8. Super Show 9: Road In Jakarta

Kehadiran legenda boygroup Super Junior ke Indonesia tentu sudah sangat dinantikan oleh para penggemarnya yang disebut ELF. Kehadiran boygroup yang kerap disapa SuJu itu berhasil melepas rindu para fansnya dengan formasi 8 member. Jakarta menjadi kota kedua rangkaian Super Show 9 setelah mereka membuka rangkaian tur di Jamsil Arena, Seoul pada Juli 2022 lalu.
 

9. Seventeen World Tour: Be The Sun

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MCP (Mecimapro) (@mecimapro)


Boygroup asal Korea Selatan masih mendominasi gelaran konser September di Indonesia. Kali ini Seventeen di bawah Pledis Entertainment hadir menyapa penggemarnya selama dua hari mulai 24-25 September 2022 di kawasan Hall 5 ICE BSD City, Tangerang. Mereka sukses mengisi sore hingga malam hari penggemarnya dengan lagu-lagu hits seperti Don’t Wanna Cry, Very Nice, dan lainnya.
 

10. We The Fest

We The Fest ikut meramaikan festival musik penuh keceriaan mulai 23-25 September 2022 di GBK Sports Complex, Senayan, Jakarta. Festival musik itu dihadiri musisi mancanegara dan lokal yang tak kalah tenar. Ada Jackson Wang, Pink Sweats, Swae Lee, hingga Pamungkas dan Afgan.
1
2


SEBELUMNYA

Berkunjung ke Pantai Panjang? Jangan Lewatkan Kegiatan Seru Ini

BERIKUTNYA

Resep Steak BBQ Juicy, Cocok untuk Tahun Baruan di Rumah 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: