Ilustrasi Museum (Sumber gambar: Unsplash/Luis Villasmil)

5 Rekomendasi Museum Estetik di Jakarta, Cocok Buat Ide Kencan

12 December 2022   |   16:53 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Seiring berjalannya waktu, tren nge-date alias pacaran di Indonesia tidak melulu berkisar di cafe atau mall. Kini, museum juga jadi salah satu tujuan yang ramai dikunjungi pasangan muda untuk menghabiskan hari libur mereka sambil nge-date

Alih-alih menjadi bangunan tua dengan kesan menyeramkan, kini museum juga memacak koleksi-koleksi estetik yang bisa menjadi spot foto Instagramable. Oleh karena itu, tiap akhir pekan beberapa museum juga ramai dibanjiri pengunjung, yang kebanyakan didominasi kalangan anak muda.

Selain memenuhi kepentingan membuat konten, pasangan nge-date yang mengunjungi museum tentu bisa memetik banyak manfaat. Mulai dari penambahan wawasan, apresiasi karya seni, dan sejarah, bahkan sumber inspirasi untuk berkarya.

Baca juga5 Museum Seni Terkenal di Dunia, Dikunjungi Jutaan Wisatawan Tiap Tahunnya

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagi sumber, yuk simak rekomendasi 5 museum di Jakarta yang cocok untuk nge-date di akhir pekan dalam ulasan berikut.
 

1. Museum Macan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Museum MACAN (@museummacan)


Museum of Modern & Contemporary Art in Nusantara atau biasa dikenal dengan nama Museum Macan adalah salah satu pelopor museum yang memamerkan karya seni modern, kontemporer, dan internasional di Jakarta.

Memiliki banyak koleksi dari karya perupa terkenal Indonesia hingga Amerika, museum yang terletak di kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat ini tentu cocok jadi tujuan kencan. Koleksinya yang instagramable pastinya cocok untuk latar belakang foto kalian.

Adapun, untuk dapat masuk ke Museum Macan kalian hanya perlu merogoh saku mulai Rp80.000 di hari biasa dan Rp100.000 pada saat akhir pekan. Sementara itu, jam buka museum ini dimulai pukul 10.00-16.00 WIB.
 

2. Museum Galeria Shopilia 

 

Berkebalikan dengan Museum Macan yang mengusung tema kontemporer, di Museum Galeri Sophilia kalian akan memasuki ruangan dengan koleksi-koleksi karya seni klasik. Di sini pasangan nge-date akan disuguhi sejarah kebudayan dari era Renaisans, hingga sejarah Tiongkok. 

Museum Galeri Sophilia banyak memacak karya-karya replika Renaisans baik lukisan karya Leonardo da Vini, Sandro Botticelli hingga lukisan Paul Gaugin dengan tokoh-tokoh eksotisnya. Adapun , dari sejaah kebudaaan Tiongkok kalian akan disuguhi karya keramik, perunggu, hinga baju perang kaisar di masa silam.

Terletak di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, pasangan yang ingi  berkunjung ke museum ini cukup merogoh tiket dengan biaya tiket Rp100.000, per orang. Adapun, galeri tersebut dibuka untuk umum setiap hari Minggu, mulai pukul 10.00-14.00 WIB.


3. Museum Basoeki Abdullah

 


Bagi yang ingin mengenal sosok maestro seni rupa Indonesia sambil berkencan di akhir pekan juga bisa mengunjungi Museum Basoeki Abdullah. Terletak di Kawasan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, di sini kalian bisa menikmati karya perupa kontemporer sekaligus ratusan koleksi pribadi perupa Basoeki Abdullah. 

Tak hanya itu, koleksi di museum ini juga tidak hanya lukisan, tapi meliputi patung, topeng, wayang, senjata dan sebagainya. Untuk menambah wawasan di museum ini juga disediakan buku-buku atau majalah yang berjumlah ribuan dengan berbagai tema seputar sejarah, hingga karya seni.

Tiket untuk kencan di museum ini pun cukup murah, dengan harga Rp2.000 per orang. Tapi, jam kunjungan museum dibuka berbeda-beda, yakni pada Selasa-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB, lalu Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB. Sementara itu, di hari Senin dan hari libur nasional  mereka tutup.
1
2


SEBELUMNYA

Cek 3 Cara Mengurangi Penggunaan RAM di Google Chrome

BERIKUTNYA

11 Fakta Menarik Maroko, Negara Islam Pertama yang Berjaya di Piala Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: