Pertandingan babak empat besar akan diadakan pada 14 dan 15 Desember 2022 (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Yuk Intip Perjalanan 4 Tim yang Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022

11 December 2022   |   12:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Piala Dunia 2022 di Qatar sudah memasuki babak empat besar atau semifinal. Tim nasional yang lolos ke babak ini adalah Argentina, Kroasia, Maroko, dan Prancis. Keempat tim akan bertanding pada Rabu, 14 Desember 2022 dan Kamis, 15 Desember 2022.

Di babak empat besar, dua tim, yakni Kroasia dan Maroko berhasil menciptakan kejutan dengan mengalahkan tim unggulan. Luka Modric dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Brasil di babak delapan besar melalui adu penalti. Sementara itu, Maroko berhasil mengalahkan Ronaldo dan kawan-kawan di babak delapan besar dalam 90 menit pertandingan.

Di pertandingan selanjutnya, Maroko akan berhadapan dengan Prancis pada Kamis, 15 Desember 2022 pukul 02.00 WIB. Sementara itu, Argentina akan melawan Kroasia pada Rabu, 14 Desember 2022, pukul 02.00 WIB.

Baca jugaCek Timnas yang Lolos 8 Besar dan Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022

Berikut perjalanan tim-tim yang lolos ke babak semifinal dari babak kualifikasi grup di ajang Piala Dunia 2022 Qatar.


Argentina

Argentina menjadi negara pertama yang lolos ke babak empat besar setelah mengalahkan Belanda di babak delapan besar. Lionel Messi dan kawan-kawan mengawali babak kualifikasi grup di Grup C bersama dengan Poalndia, Meksiko, dan Arab Saudi.

Perjalanan Argentina di babak kualifikasi Grup C tidak lah mulus meskipun tim ini menjadi tim unggulan, dan diprediksi akan menang mudah. Albicelestes bahkan harus mengalami kekalahan dari tim nasional Arab Saudi di pertandingan pertamaanya.

Argentina takluk 2 – 1 dari Arab Saudi setelah unggul lebih dahulu melalui tendangan penalti yang dieksekusi oleh Lionel Messi pada menit ke-10. Arab Saudi yang tertinggal berhasil membalik keadaan melalui Sale Alshehri dan Salem Al-Dawsari masing-masing pada menit ke-48 dan ke-53.

Kalah dari Arab Saudi, Argentina berhasil menekuk tim nasional Meksiko dengan skor 2 – 0 tanpa balas pada pertandingan kedua di kualifikasi Grup C. Lionel Messi mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-64. Sementara itu, gol kedua dibuat oleh Enzo Fernandez pada menit ke-87.

Di pertandingan terakhir yang menentukan untuk lolos ke babak 16 besar, Argentina kembali memperoleh kemenangan saat melawan Polandia dengan skor 2 – 0. Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez menjadi pahlawan bagi Argentina yang masing-masing mencetak gol pada menit ke-46 dan ke-67.

Argentina berhasil mengalahkan Australia di babak 16 besar dengan skor 2 – 1. Lionel Messi dan Julian Alvarez kembali mencatatkan namanya di papan skor. Lionel Messi berhasil mecentak gol pada menit ke-35 dan Julian Alvarez menit ke-57. Gol Australia tercatat melalui gol bunuh diri yang dilakukan oleh Enzo Fernandez pada menit ke-77.

Lolos ke babak delapan besar, Lionel Messi dan kawan-kawan harus berhadapan dengan tim nasional Belanda. Tim nasional Belanda bukan lawan yang mudah bagi Argentina, tercatat keduanya harus menentukan pemenang dengan adu penalti setelah bermain imbang 2 – 2 selama 90 menit ditambah babak ekstra. Argentina menang adu penalti dengna skor 4 – 3.


Kroasia

Tim nasional selanjutnya yang lolos ke babak empat besar adalah Kroasia. Vatreni mengawali babak kualifikasi grup ajang Piala Dunia 2022 Qatar di Grup F bersama Maroko, Belgia, dan Kanada.

Luka Modric dan kawan-kawan lolos ke babak selanjutnya dengan status peringkat dua grup di bawah Maroko. Kroasia tercatat belum pernah terkalahkan satu kalipun sejak babak kualifikasi grup sampai dengan babak delapan besar.

Kroasia memulai pertandingan pertama babak kualifikasi grup F melawan Maroko. Pada saat itu, pertandingan berjalan imbang 0 – 0 sepanjang 90 menit. Kroasia baru mencetak kemenangan saat melawan Kanada di babak kualifikasi grup.

Kroasia berhasil menaklukan Kanada dengan skor 4 – 1. Gol Kroasia tercipta melalui Andrej Kramaric pada menit ke-36 dan 70, Marko Livaja menit ke-44, dan Lovro Majer menit ke-94. Sementara gol Kanada tercipta melalui Alphonso Davies pada menit ke-2. Di pertandingan terakhir babak kualifikasi grup yang menentukan, Kroasia berhasil menahan tim nasional Belgia 0 – 0, dan lolos ke babak 16 besar.

Di babak 16 besar, Vatreni bertemu dengan Jepang yang secara mengejutkan mampu mengalahkan Spanyol di partai terakhirnya. Kroasia menang melawan Samurai Biru melalui adu penalti setelah bermain imbang 1 – 1 sampai dengan babak kedua usai ditambah babak esktra 30 menit.

Lolos ke babak delapan besar, Kroasia harus menjamu tim nasional Brasil. Vatreni mampu meladeni permainan tim Samba selama 90 menit ditambah babak ekstra sampai akhirnya harus melakukan adu penalti. Tim Kroasia berhasil mengalahkan Brasil melalui adu penalti dengan 4 – 2.

Baca jugaTraveling ke Kroasia, 2 Kota Bersejarah Ini Wajib Dikunjungi
1
2


SEBELUMNYA

Mengenal Istilah GOAT dalam Sepak Bola, Perdebatan Julukan Bagi Messi dan Ronaldo

BERIKUTNYA

Mengintip Sejarah tentang Pakaian Pengantin Solo yang Digunakan Kaesang Pangarep & Erina Gudono

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: