Qualcomm Technologies kembali memperkenalkan prosesor seluler (mobile processor) premium terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2. (Sumber gambar :Qualcomm Technologies)

Qualcomm Technologies Rilis Snapdragon 8 Gen 2, Cek 6 Keunggulannya

16 November 2022   |   08:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Qualcomm Technologies kembali memperkenalkan prosesor seluler (mobile processor) premium terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2. Berkolaborasi dengan Adobe, prosesor ini diklaim menjadi standar baru untuk komputasi terhubung karena dirancang secara cerdas dengan artificial intellegence (AI) di seluruh bagian.

Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Chris Patrick mengatakan dengan beragam keunggulan Snapdragon 8 Gen 2, pengguna gawai akan lebih produktif. Ya, prosesor ini akan merevolusi lanskap smartphone unggulan pada 2023.

Patrick menyampaioan platform baru ini akan diadopsi oleh sejumlah Original Equipment Manufacturer (OEM) dan beberapa brand global. Mereka diantaranya ASUS Republic of Gamers, HONOR, iQOO, Motorola, nubia, OnePlus, OPPO, REDMAGIC, Redmi, SHARP, Sony Corporation, vivo, Xiaomi, XINGJI/MEIZU, dan ZTE. Perangkat komersial pertama katanya dirilis di penghujung 2022. 

"Snapdragon 8 Gen 2 menghadirkan terobosan AI, konektivitas yang tak tertandingi, dan gameplay tingkat juara, memungkinkan OEM untuk meningkatkan setiap pengalaman di perangkat mereka yang paling tepercaya," tuturnya. 

Baca jugaQualcomm Rilis 2 Cip Baru, Intip Spesifikasinya

Berikut kelebihan Snapdragon 8 Gen 2 yang dirangkum Hypeabis.id :
 

1. Snapdragon Smart

Ditenagai oleh Qualcomm AI Engine tercepat dan tercanggih, Snapdragon 8 Gen 2 menyediakan terobosan AI yang terintegrasi pada seluruh sistem. Didukung oleh Qualcomm Hexagon, processor yang telah ditingkatkan, pengguna dapat merasakan pemrosesan bahasa alami yang lebih cepat dengan terjemahan multi bahasa dan fitur kamera AI yang canggih. 

Prosesor Hexagon ini menghadirkan peningkatan baru pada arsitektur, termasuk inferensi micro tile dan akselerator tensor yang lebih besar, hingga peningkatan 4,35X pada kinerja AI. 

Prosesor ini merupakan mobile platform Snapdragon pertama yang mendukung INT4 atau format presisi AI yang revolusioner, dengan peningkatan 60 persen pada kinerja/watt untuk inferensi AI berkelanjutan. Qualcomm Sensing Hub terbaru, yang kini mengemas prosesor AI ganda, mendukung pengalaman intuitif yang memungkinkan custom wake words

Selain itu, terdapat fitur dan alat tambahan dari Qualcomm AI Stack, termasuk Qualcomm AI Studio, sehingga pengembang dapat menghasilkan lebih banyak lagi aplikasi AI generasi terbaru.
 

2. Snapdragon Connect

Snapdragon 8 Gen 2 menawarkan konektivitas tak tertandingi dari 5G, Wi-Fi, dan Bluetooth. Menampilkan Snapdragon X70 5G Modem-RF System dengan Qualcomm 5G AI Processor, Snapdragon 8 Gen 2 memanfaatkan kekuatan AI untuk memungkinkan terobosan kecepatan unggah dan unduh 5G, jangkauan, latensi, dan efisiensi daya. 

Bisa dikatakan, ini adalah platform Snapdragon pertama yang mendukung 5G+5G/4G Dual-SIM Dual-Active, yang memanfaatkan kekuatan dan fleksibilitas dua SIM 5G sekaligus. Platform canggih ini juga dilengkapi sistem konektivitas Qualcomm FastConnec 7800, menawarkan Wi-Fi 7 latensi terendah dan konektivitas Bluetooth ganda untuk imersi berkelanjutan. 

Sementara itu, High Band Simultaneous Multi-Link memungkinkan kinerja puncak Wi-Fi 7 secara global, koneksi yang lancar saat streaming, maupun bermain gim.
1
2


SEBELUMNYA

Jadi Google Doodle, Begini Sejarah Hari Angklung Sedunia yang Dirayakan Tiap 16 November

BERIKUTNYA

Mengenal 7 Jenis Angklung di Indonesia, Ada Badeng & Toel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: