Alat untuk mengukur kadar gula darah. (Sumber gambar : Freepik/xb100)

5 Fakta Diabetes, Generasi Muda Wajib Tahu!

14 November 2022   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Diabetes menjadi komorbid yang diderita banyak masyarakat Indonesia. Berdasarkan laporan International Diabetes Federation (IDF) pada 2021, ada 19,5 juta warga Indonesia berusia 20-79 tahun yang mengidap penyakit tersebut. Dalam skala global, angka penderitanya pun terus bertambah dari waktu ke waktu.

Diabetes merupakan penyakit kronis berupa gangguan metabolik, ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Ketika tidak kadar gula ini tidak terkontrol, dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti jantung, karena membuat beberapa organ vital tidak berfungsi dan berisiko besar akan kematian.

Mengingatkan betapa bahayanya diabetes, International Diabetes Foundation (IDF) dan World Health Organization (WHO) lantas menetapkan 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day). Tahun ini, tema yang dipilih adalah Access to Diabetes Care. Adapun tema tersebut telah dikukuhkan pada 2021-2023. 

Tema ini dipilih karena jutaan orang dengan diabetes di seluruh dunia tidak memiliki akses ke perawatan diabetes. Orang dengan diabetes memerlukan perawatan dan dukungan berkelanjutan untuk mengelola kondisi mereka dan menghindari komplikasi.

Baca jugaWaspada, Diabetes yang Merambah Area Ini Bisa Jadi Petanda Munculnya Komplikasi

Untuk meningkatkan kesadaran terutama generasi muda, berikut fakta-fakta seputar diabetes yang dirangkum Hypeabis.id.


1. Ada 4 jenis

Diabetes ternyata ada 4 jenis lho, Genhype. Pertama, pradiabetes. Ini adalah kondisi ketika kadar glukosa darah lebih tinggi dari yang dianggap normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk memenuhi syarat sebagai diabetes. Menurut American Diabetes Association (ADA), orang yang terkena diabetes tipe 2, mayoritas mengalami pradiabetes. 

Kedua, diabetes tipe 1, yakni ketika pankreas tidak menghasilkan insulin. Jenis ketiga yakni diabetes tipe 2 dan paling banyak diderita masyarakat di seluruh dunia. Pasien ini tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakannya secara efektif.

Jenis terakhir adalah diabetes gestasional. Biasanya terjadi pada ibu hamil karena saat itu mereka tidak dapat membuat dan menggunakan semua insulin yang dibutuhkan tubuh.

Insulin adalah hormon alami yang diproduksi pankreas. Hormon ini memiliki peran utama uuntuk membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. 
 

2. Faktor Risiko 

Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik, & Diabetes RS Pondok Indah, dr. Imam Subekti menerangkan risiko diabetes, terutama tipe 2, meningkat sering bertambahnya usia. Penyakit kencing manis ini juga terbilang genetik karena bisa diturunkan orang tua kepada anaknya.

Kendati demikian, untuk munculnya diabetes, faktor lingkungan berupa gaya hidup yang tidak sehat, makan-makanan cepat saji berlebih, kurang olahraga, stres, hingga kegemukan bia menjadi pemicunya. 
1
2


SEBELUMNYA

Dirilis pada 9 November Lalu, Ini Pendapatan Sementara Film Black Panther: Wakanda Forever di Indonesia

BERIKUTNYA

5 Fakta Air Force One, Pesawat Canggih yang Dipakai Joe Biden ke KTT G20 di Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: