ilustrasi ruang pameran lukisan (Sumber gambar Hypeabis.id/ Prasetyo Agung Ginanjar)

Terjual dengan Harga Fantastis, Inilah 5 Lukisan Termahal para Old Master Indonesia

09 September 2022   |   11:29 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Karya-karya seniman old master Indonesia terus menjadi incaran para kolektor untuk melengkapi koleksi seni di galeri mereka. Belum lama ini, dua lukisan karya maestro Indonesia ludes terjual di pekan seni rupa internasional Art Jakarta 2022, dengan harga yang fantastis.

Lukisan karya pelukis ekspresionis Affandi berjudul Aceh Village (1978) dan Madurese Boat at Beach (1964) laku terjual dengan harga Rp2 miliar dan Rp7,2 miliar. Karya seni ini dibawa oleh Art Agenda, sebuah galeri seni yang berbasis di Jakarta dan Singapura.

Affandi tentu bukan satu-satunya seniman lukis yang karyanya terjual dengan harga yang selangit. Dalam sejarahnya, dunia seni rupa Indonesia juga mencatat karya-karya fenomenal yang jatuh ke tangan kolektor dengan harga yang fantastis.

Nah, karya-karya seniman siapa saja yang pernah terjual dengan harga luar biasa dan disebut-sebut karya seni lukis old master Indonesia termahal sepanjang masa itu? Berikut Hypeabis.id merangkumnya dari berbagai sumber untuk kalian. Simak ya.
 

1. Pandawa Dadu, Hendra Gunawan.

Mahakarya dari maestro lukis asal Bandung ini dibuat pada 1971, dan menjadi salah satu karya  seni lukis yang paling banyak dipelajari mahasiswa jurusan seni rupa Indonesia karena elemen-elemen lukisannya yang unik.

Pandawa Dadu merupakan peristiwa tragedi dalam epos Mahabharata, di mana Yudhistira, perwakilan dari Pandawa kalah dalam permainan judi dadu melawan keluarga Kurawa. Dia pun akhirnya harus menyerahkan istrinya, Drupadi kepada mereka.
 

Lukisan Pandawa Dadu karya Hendra Gunawan, oil on canvas, 202 x 386 cm, 1971 (sumber foto: Art Stack)

Lukisan Pandawa Dadu karya Hendra Gunawan, oil on canvas, 202 x 386 cm, 1971 (sumber foto: Art Stack)


Dalam lukisan digambarkan bagaimana Hendra mengekspresikan dirinya lewat penggambaran yang pedih terhadap sosok Drupadi yang diseret oleh Kurawa dan melepaskan jubahnya hingga hanya ditutupi oleh rambutnya yang panjang.

Lukisan Pandawa Dadu terjual di rumah lelang Sotheby’s Hong Kong pada 4 April 2015 dengan harga 26,48 juta dolar Hong Kong atau setara Rp44,22 miliar dengan kurs rupiah pada tanggal tersebut.
 

 

1
2
3
4
5


SEBELUMNYA

Prestasi Ratu Elizabeth II Semasa Hidup, Ini Daftar Peristiwa Penting dalam Hidup Ratu Inggris

BERIKUTNYA

Charles III dan Camilla Naik Takhta, Ini 5 Prosesi Penobatan Raja Baru Kerajaan Inggris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: