Ilustrasi kulit sehat (Sumber gambar: Shiny Diamond/Pexels)

7 Cara Meratakan Tekstur Kulit Wajah agar Tampak Mulus

25 July 2022   |   18:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tekstur kulit bukanlah sesuatu yang perlu perbaiki. Meski begitu, tak ada salahnya merawat kulit untuk meratakan warna dan tekstur kulit. Ini adalah cara untuk membuat kulit sehat dan terlihat bercahaya, sehingga menunjang penampilan dan membuat seseorang merasa lebih percaya diri.

Ahli Kulit Kosmetik, Paul Jarrod Frank, mengatakan tekstur kulit adalah kondisi permukaan kulit. Idealnya, kulit halus, lembut, dan kenyal, tetapi bisa juga tidak merata atau kusam karena kulit kering, noda, hilangnya kolagen akibat penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, atau kurangnya eksfoliasi atau pengelupasan kulit.

"Tekstur kulit yang tidak rata biasanya merupakan hasil dari kelebihan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Ini bisa membuat area kulit terasa kasar atau bergelombang saat disentuh dan juga bisa membuat kulit tampak kusam," kata Frank dilansir dari Byrdie, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Ini 5 Perawatan di Klinik Kecantikan yang Bikin Kulit Awet Muda

Lebih lanjut, Frank menjelaskan kerusakan akibat sinar matahari dan paparan racun lingkungan sering menjadi penyebab terbesar tekstur kulit yang tidak rata, yang dapat ditunjukkan dengan gejala seperti bercak kering dan benjolan merah. Selain itu, penipisan kulit wajah membuat tanda-tanda penuaan lebih mungkin muncul sebelum area tubuh lainnya, yang memperburuk gejala tersebut. 

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meratakan tekstur kulit secara alami, agar kulit tampak lebih sehat dan mulus, seperti berikut ini.


1. Minum Air Putih

Memperbaiki tekstur kulit bisa dimulai dari hal sederhana, yakni tetap terhidrasi sepanjang hari dengan sering minum air putih. Hal itu bisa menjaga kelembapan kulit, sehingga membuat kulit terlihat dan terasa lebih halus. Kulit yang terjaga kelembapannya juga cenderung mengurangi tampilan kusam, yang merupakan gejala umum dari tekstur yang tidak rata.


2. Eksfoliasi

Sangat penting untuk membersihkan sel-sel kulit mati sepekan sekali dengan proses eksfoliasi, yang dapat dilakukan baik dengan sikat sonik atau kain lap sehari-hari. Kuncinya adalah menemukan produk eksfoliasi yang tidak terlalu keras pada kulit, karena bahan eksfoliasi yang abrasif dapat menyebabkan air mata mikro dan produksi minyak berlebih. Lakukan eksfoliasi cukup 1-3 kali sepekanagar kulit tidak kering.


3. Vitamin C

Vitamin C adalah bahan yang harus dimiliki untuk melindungi kulit dari radikal bebas di lingkungan yang menyebabkan kulit tidak merata. Selain itu, penggunaan vitamin C juga akan meningkatkan kecerahan kulit, sekaligus mengurangi munculnya garis-garis halus. 

Baca juga: 6 Resep Jus untuk Kulit Glowing
 

Bolovtsova

Ilustrasi seseorang melakukan perawatan kulit wajah (Sumber gambar: Ekaterina Bolovtsova/Pexels)


4. Aplikasikan Tabir Surya

Tekstur kulit dan ukuran pori-pori bisa berubah tidak merata apabila kulit terpapar sinar matahari secara terus-menerus dalam waktu lama. Maka dari itu, penting untuk mengaplikasikan tabir surya (sunscreen) sebagai cara meratakan tekstur kulit wajah. Untuk mendapatkan proteksi yang optimal, sebaiknya gunakan tabir surya yang mengandung minimal SPF 30.
1
2


SEBELUMNYA

Biar Hubungan Lancar Jaya, Intip Inspirasi First Date Ala K-Drama

BERIKUTNYA

Tampil Berani dengan Koleksi Summer Warna-warni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: