Ilustrasi masakan kari (Sumber gambar: Chuttersnap/Unsplash)

10 Makanan Khas Indonesia saat Perayaan Iduladha

05 July 2022   |   13:52 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebentar lagi, umat Muslim di Tanah Air akan merayakan Iduladha. Tahun ini, Hari Raya Iduladha akan jatuh pada 10 Juli 2022. Sama seperti hari besar keagamaan lainnya, perayaan Iduladha pun tak lengkap rasanya jika tidak menghidangkan aneka sajian tradisional Indonesia yang lezat.

Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan khas yang biasanya disajikan saat perayaan hari besar seperti Iduladha. Sajian spesial ini tentunya menjadi pelengkap silaturahim bersama keluarga dan sanak saudara. Berikut adalah 10 makanan khas Iduladha di Indonesia seperti yang telah dirangkum Hypeabis.id.


1. Kari Kambing (Aceh)

Kari kambing merupakan makanan khas dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Biasanya, masyarakat sekitar menyebut makanan satu ini dengan sebutan kuah sie kameng. Tak hanya disajikan saat perayaan Iduladha, kuah sie kameng juga menjadi makanan wajib dalam perayaan adat Aceh seperti khitanan, pesta perkawinan dan aqiqah bayi.

Baca juga10 Sajian Khas yang Biasa Disantap saat Lebaran


2. Rabeg (Banten)

Di Banten, hidangan yang biasanya disajikan saat Iduladha adalah rabeg, olahan daging dan jerohan kambing yang dimasak dengan bumbu berupa tomat, garam, merica, gula merah, kayu manis, pala dan kecap manis.

Rabeg merupakan hidangan hasil akulturasi antara makanan Timur Tengah dan Banten. Konon, kala itu, Sultan Banten mencicipi masakan serupa di Timur Tengah dan ketika pulang ke Banten, terciptalah masakan bernama rabeg.
 

Rabeg (Sumber gambar: Banten Travel)

Rabeg (Sumber gambar: Banten Travel)


3. Gorengan Kambing (Jakarta)

Jakarta juga memiliki makanan khas lebaran Iduladha yakni gorengan kambing. Sajian ini berupa lauk dari daging dan jeroan kambing yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah pekat. Gorengan kambing biasanya mudah dijumpai di daerah Kebon Kacang, Karet Pedurenan dan Pejompongan.

Baca juga5 Tips Mengolah Daging Kurban yang Nikmat dan Praktis Ala Chef Juna


4. Bolu Berendam (Riau)

Untuk merayakan hari-hari besar seperti Idulfitri, Iduladha, dan pesta pernikahan, masyarakat Riau sering menyajikan bolu berendam. Panganan ini biasanya disajikan dalam keadaan basah atau berkuah dengan tekstur bolu berendam yang kenyal dan padat.

Resepnya terbuat dari larutan gula yang diberi cengkeh, kayu manis, dan adas.  Adonan bolu dicetak dalam loyang kecil bermotif bunga dan manggis dari kuningan. 


5. Kue Maksuba (Sumatera Selatan)

Selain jadi hidangan wajib saat Lebaran Idulfitri, kue maksuba juga jadi ciri khas perayaan Iduladha di Palembang, Sumatera Selatan.

Terbuat dari telur, gula, susu dan tepung gandum, kue tradisional ini dibuat dalam waktu yang lama yakni kurang lebih 2-4 jam dipanggang dalam oven. Kue maksuba lebih memiliki tekstur yang renyah daripada kue basah lainnya karena dipanggang selapis demi selapis.
1
2


SEBELUMNYA

63 Tahun Perjalanan Karier Bob Tutupoly, dari Penyanyi Jazz sampai Pembawa Acara

BERIKUTNYA

10 Daftar Startup yang Menghentikan Layanannya di Indonesia 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: