Ilustrasi jerawat (Sumber gambar - Freepik)

Enggak Banyak yang Tahu, Ternyata Bawang Putih Mentah Punya Manfaat Menangkal Jerawat

21 June 2022   |   13:59 WIB

Setiap orang pasti mendambakan kulit yang bersih, sehat, dan mulus. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit cantik, sehingga menghalau berbagai masalah umum seperti jerawat, pecah-pecah, atau bintik hitam. Keinginan banyak orang untuk mendapatkan kulit bening bebas jerawat turut mendorong larisnya klinik estetika maupun salon kecantikan.

Mereka menawarkan berbagai jasa perawatan yang menjanjikan hasil maksimal. Di tempat-tempat tersebut, jerawat pasien biasanya di-treatment dengan menggunakan bahan-bahan kimia, yang diklaim aman dan sesuai dengan standar kedokteran.  Meskipun demikian, tidak sedikit pasien yang jerawatnya justru bertambah parah setelah ‘perawatan’.

Lantas, untuk apa menghabiskan banyak uang bagi produk kimia jika kalian dapat menggunakan produk alami di rumah untuk mengatasi masalah jerawat? Tanpa disadari banyak orang, obat alami untuk mencegah pemburukan jerawat ternyata ada di dapur. 
 

Ini Dia Bumbu Dapurnya

Seperti dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekend edisi 7 Agustus 2016, dokter kulit Murni Fianty, menjelaskan salah satu obat alami mengatasi jerawat tidak lain adalah bawang putih. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa bumbu dapur paling umum di Indonesia itu bisa disulap menjadi obat jerawat. 

Baca juga: Yuk Cari Tahu Penyebab Kulit Wajah Beruntusan & Cara Mengatasinya!

Dia mengatakan kulit berjerawat adalah masalah yang paling umum dikeluhkan pasiennya. Namun, biasanya pasien datang ke klinik estetika atau salon kecantikan saat jerawatnya sudah parah. 

Padahal, jerawat seharusnya diatasi sedini mungkin sejak awal gejala kemunculannya agar tidak semakin parah dan berkepanjangan. Sebab, pemburukan masalah jerawat dapat berujung pada penurunan rasa percaya diri, bahkan depresi. 

Selain itu, jerawat yang sudah parah akan membutuhkan biaya yang semakin banyak untuk perawatannya. 
 

Khasiat

Untuk itu, kata Murni, sebaiknya jika gejala-gejala jerawat mulai muncul di wajah, segeralah mengambil tindakan dengan menggunakan bawang putih di dapur. 

“Bawang putih memiliki khasiat yang bisa menjadikannya sebagai salah satu bahan alami penangkal jerawat. Kemampuan bawang putih dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat disebabkan karena adanya kandungan allicin di dalamnya,” tuturnya. 

Bumbu dapur tersebut mengandung beragam zat multifungsi yang berperan sebagai antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik. Oleh karena itu, bawang putih dapat juga berperan sebagai obat jerawat. Efektivitas larutan bawang putih dalam mengobati jerawat telah teruji secara klinis.

Hasilnya disimpulkan bahwa ekstrak bawang putih memiliki daya hambat pertumbuhan bakteri propionibacterium acne penyebab timbulnya jerawat sebesar 55%. 

“Bawang putih juga mengandung antimikroba yang luas dan antikarsinogen. Serta, kandungan allicin di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan bakteri pembentuk jerawat,” ujarnya. 
 

Ekstrak

Jika kalian tertarik mencoba cara alami untuk menghalau jerawat dengan bawang putih, kalian dapat menumbuk 350 gram bawang putih kupas dan gunakan kasa steril untuk menyaring sari atau ekstraknya dari hasil tumbukan bawang putih tersebut.

Lantas, bubuhkanlah ekstrak tersebut pada bagian kulit yang ditumbuhi jerawat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Atau, kalian juga bisa melakukannya pada malam hari menjelang tidur. 

“Jika jerawatnya belum parah atau tidak terlalu parah, biasanya pada pagi hari jerawat tersebut sudah kempes dan mengecil. Penggunaan ekstrak bawang putih ini memang lebih tepat digunakan saat kondisi jerawat belum parah atau baru muncul,” imbuh Murni. 
 

Hasil Maksimal

Dia melanjutkan agar bisa mendapatkan jumlah allicin yang maksimal, kalian dapat menumbuk bawang putih yang berada di dalam plastik, sehingga hasil ekstraknya jauh lebih utuh. 

Bagaimanapun, dia mengingatkan bahwa proses pengobatan jerawat dengan bahan alami seperti bawang putih memang memerlukan waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan perawatan dengan bahan-bahan kimia. Apalagi, jika jerawat sudah memasuki tahap lanjut. 

Baca juga: Ingin Kulit Wajah Terlihat Glass Skin Seperti Song Hye-Kyo? Ini 6 Langkahnya

“Memang, cara terbaik untuk mengatasi jerawat adalah dengan menyehatkan kulit wajah kita, sehingga sangat disarankan untuk mengeringkan kulit wajah kalian [dari keringat dan minyak] agar tidak ditumbuhi jerawat. Dengan kulit sehat, jerawat akan berkurang perlahan-lahan dengan sendirinya. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Susul SEVENTEEN, TXT Buka World Tour Perdana di Asia

BERIKUTNYA

5 Cara Alami Memutihkan Warna Gigi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: