Oatmeal dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat (Sumber gambar: Arianka Ibarra/Unsplash)

6 Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil, Sumber Energi Salah Satunya

21 June 2022   |   12:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat hamil, calon ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sebagai penunjang kesehatan diri dan janinnya. Salah satu makanan bergizi yang kaya akan nutrisi adalah oatmeal. Oatmeal merupakan biji sereal utuh dari oat yang masih memiliki kulit ari. Secara umum, oat dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat.

Mengonsumi oatmeal pun bisa dengan berbagai cara seperti menambahkannya dengan topping buah-buahan dan kacang-kacangan, ataupun mengonsumsi yoghurt dengan tambahan bubuk oat. Melansir KlikDokter, meski tergolong aman, konsumsi oat saat hamil tak lepas dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Konsumsi oatmeal yang berlebihan dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan, serta penyumbatan usus.

Selain itu, bila kalian alergi terhadap gluten, mengonsumsi oat berlebihan bisa menimbulkan reaksi alergi dari oat. Untuk menghindari risiko-risiko yang ada, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait asupan oatmeal.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini sebelum Merencanakan Kehamilan

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 5 manfaat mengonsumsi oatmeal untuk ibu hamil seperti dilansir dari Healthline, Selasa (21/6/2022).
 

1. Sumber energi

Manfaat yang pertama dari oatmeal adalah sebagai sumber energi. Hal ini didapati dari kandungan karbohidrat kompleksnya. Ketika mengonsumsi oatmeal, usus akan mencerna secara perlahan karena tipe karbohidratnya yang kompleks. Hal itu bermanfaat juga sebagai penunda lapar sehingga nafsu makan terkendali sesuai kebutuhan nutrisi.

Sumber energi yang tercukupi mampu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit dan infeksi kehamilan. Selain itu, kadar gula karbohidrat kompleks pada oatmeal sangat rendah sehingga meminimalisir risiko ibu hamil terjangkit diabetes gestasional.
 

2. Tinggi kandungan serat

Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal terbukti sangat tinggi. Ibu hamil yang kerap mengeluhkan sembelit dapat memanfaatkan oatmeal untuk mengatasinya. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk melancarkan saluran cerna sehingga terhindar dari gangguan pencernaan.
 

Food Natureart

Oatmeal (Sumber gambar: Food Natureart/Pexels)
 

3. Kaya asam folat 

Perkembangan sistem saraf dan otak bayi dapat ditunjang dengan kandungan nutrisi asam folat. Salah satu sumber asam folat yang direkomendasikan oleh American Pregnancy Association di Amerika Serikat adalah oatmeal. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan mengkonsumsi oatmeal sebagai makanan penunjang untuk mendukung pertumbuhan sistem saraf dan otak bayi. 
 

4. Mengandung zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan untuk menghindarkan ibu hamil dari risiko anemia, salah satu penyakit yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satu makanan penunjang yang mengandung zat besi adalah oatmeal.
1
2


SEBELUMNYA

Bukan Multitasking, Ini 5 Tip Agar Kerja Lebih Produktif dan Tidak Stres

BERIKUTNYA

Jaehyun NCT Ditunjuk Jadi Duta Global Terbaru untuk Prada

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: