Telaga Cebong adalah salah satu destinasi wisata di Wonosobo (Sumber gambar: Explore Wisata Telaga Cebong/Instagram)

10 Destinasi Wisata Alam di Wonosobo yang Wajib Masuk Bucket List

20 June 2022   |   08:44 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini wisata alam kian diminati banyak orang. Pesona alam Indonesia yang indah di setiap daerah membuat destinasi wisata alam banyak yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satu daerah yang bisa kalian kunjungi adalah Wonosobo.

Daerah ini merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata menakjubkan terutama destinasi wisata alamnya mulai dari wisata gunung, air terjun, telaga dan bukit dengan panorama yang indah. 

Tak heran jika banyak orang menjadikan Wonosobo sebagai pilihan destinasi wisata. Supaya kamu tidak bingung saat berkunjung ke Wonosobo, yuk cek 10 rekomendasi wisata alam di Wonosobo berikut ini.
 

1. Bendungan Wadaslintang

Dikelilingi oleh lanskap pegunungan hijau, Bendungan Wadaslintang berada di perbatasan antara Wonosobo dan Kebumen bagian selatan. Terdapat padang rumput hijau menyejukkan mata di pinggiran bendungan.

Di tempat ini, kalian dapat piknik dengan menggelar tikar atau sekadar duduk santai di atas rumput. Selain sebagai pusat manajemen air bagi penduduk, bendungan ini juga dimanfaatkan sebagai objek wisata. Ada beragam aktivitas seru yang bisa kalian lakukan di tempat ini seperti memancing hingga mencari spot untuk melihat sunset-sunrise.
 

2. Gunung Cilik

Ingin melihat hamparan perkebunan teh luas yang menyegarkan mata? Ke Gunung Cilik di Wonosobo saja! Untuk menuju ke puncak, kalian perlu menempuh perjalanan yang cukup ekstrem dikarenakan tingkat kemiringan tanah yang cukup tinggi. Terlebih, dengan pagar dan pembatas jalan yang masih belum dibangun sempurna sehingga perlu kehati-hatian ekstra.

Tapi, semua rasa lelah akan terbayar begitu kalian sampai atas. Kalian akan disambut ladang teh hijau luas sepanjang mata memandang, yang berpadu dengan sejuknya udara sekitar. Sayup-sayup terdengar suara burung berkicau diikuti dengan semilir angin sejuk. Cocok untuk kalian yang ingin berlibur setelah penat dengan rutinitas sehari-hari.
 

3. Candi Arjuna

Tidak hanya menyuguhkan wisata alam menawan, di Wonosobo juga memiliki wisata sejarah bernilai tinggi salah satunya Candi Arjuna yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Selama di sini, kalian akan disambut dengan eksotisme dari lima bangunan candi yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Menurut catatan sejarah, pembangunan candi-candi tersebut sudah ada jauh sebelum berdirinya Kerajaan Mataram Kuno. Kawasan Candi Arjuna sendiri dikelilingi oleh lanskap perbukitan yang indah. Pemandangan itu juga kian dipercantik dengan kehadiran tanaman bunga hortensia.
 

4. Telaga Cebong

Telaga Cebong merupakan telaga yang terbentuk bekas dari kawah purba dengan luas sekitar 12 hektare. Berada di sebelah barat Gunung Sikunir, telaga ini memiliki bentuk seperti hewan kecebong atau berudu. Itulah alasan kenapa telaga ini dinamakan cebong.

Masuk ke dalam jajaran telaga tertinggi di daerah Dieng, Telaga Cebong memiliki udara yang sejuk dan asri. Di sekelilingnya, terdapat bukit-bukit hijau berpadu dengan birunya langit. Selain dapat menikmati keindahan alamnya, kalian juga bisa melihat pesona magis dari matahari terbit dan tenggelam.
 

5. Telaga Bedakah

Wonosobo tak henti-hentinya membuat terpukau akan pesona alamnya. Jangan heran jika destinasi ini sudah dikenal luas di mata turis lokal dan mancanegara. Tak terkecuali dengan wisata alam hits satu ini yakni Telaga Bedakah.

Terletak di kaki Gunung Sindoro, telaga dengan panorama alam yang indah ini juga sangat dekat lokasinya dengan ladang perkebunan teh. Rumah-rumah penduduk di sekitar yang berpadu dengan pepohonan hijau tambah mempercantik pemandangan. 
1
2


SEBELUMNYA

Salut! Batavia Madrigal Singers Sabet Juara di European Grand Prix Prancis

BERIKUTNYA

Rekomendasi Smartphone dengan Pengisian Daya Super Cepat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: