Pare menjadi salah satu buah yang menjadi primadona untuk menurunkan berat badan (Sumber gambar: Unsplash/ Megan Thomas)

Pahit-pahit Berkhasiat, Ternyata Pare Bisa Menurunkan Berat Badan Lo

27 May 2022   |   13:36 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Buah ini terkenal dengan rasanya yang sangat pahit dan jarang sekali orang suka. Namun, di balik rasanya yang mungkin di lidah kamu enggak keruan, banyak kandungan dari pare yang berguna untuk kesehatan dan tentunya untuk kamu yang sedang diet.

Diabetes, obesitas, dan sindrom metabolik sudah menjadi epidemi. Baik di negara maju maupun berkembang dalam beberapa dasawarsa terakhir. Terapi komplementer dan alternatif telah digunakan sejak zaman dulu untuk pengobatan penyakit ini. Pare menjadi salah satu buah yang menjadi primadona untuk mengobatinya.

Perlu diketahui, meski sering dianggap sebagai sayur, ternyata pare termasuk ke dalam golongan buah-buahan karena memiliki biji.

Baca juga: Tips Mengolah Pare Agar Tidak Pahit

Beberapa penelitian menunjukkan pare memiliki efek yang menguntungkan pada pembakaran  lemak dan penurunan berat bedan. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kapsul yang mengandung 4,8 gram ekstrak pare setiap harinya dapat merangsang penurunan lemak perut yang signifikan. Peserta studi kehilangan rata-rata 1,3 cm dari lingkar pinggang mereka setelah mengonsumsinya selama tujuh minggu.

Untuk mendapatkan khasiat alami dari sayuran ini, kamu tidak perlu memakannya secara mentah. Umumnya, pare sering ditumis untuk dijadikan sayuran atau digoreng sebagai lauk. Selain itu, kamu juga bisa jus buah ini dengan bahan lain sehingga pare tidak terlampau pahit.

Berikut kandungan nutrisi dan khasiat pare yang berguna untuk diet.


Kandungan nutrisi

Sebanyak 94 gram pare mentah mengandung sekitar 20 kalori, 4 gram karbohidrat, 2 gram serat, serta kandungan vitamin dan mineral, seperti Vitamin C dan A, folat, kalium, seng, hingga zat besi.

Vitamin C adalah mikronutrien penting yang dapat membantu mencegah penyakit, pembentukan tulang, dan mempercepat penyembuhan luka. Pare juga tinggi vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan. Buah ini juga sumber yang baik untuk Thiamin, Riboflavin dan Asam Pantotenat dan kandungan folat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.
 

Lalu, bagaimana pare bisa membantu menurunkan berat badan?


1. Mengatur insulin

Minum segelas jus pare membantu kadar gula darah tetap terkendali. Ini menstabilkan kadar gula darah, yang diperlukan untuk manajemen berat badan.
Jus pare  mengaktifkan insulin yang berguna untuk mencegah penyimpanan gula dalam tubuh sebagai lemak.

Dilansir Liebertpub, sebuah studi yang dilakukan pada 24 orang dewasa yang memiliki diabetes, menunjukkan bahwa mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari dapat menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c, tes tiga bulanan yang digunakan untuk mengukur kontrol gula darah.

 

Jus pare yang berkhasiat. (Sumber gambar: Unsplash/ Roberto Nickson)

Jus pare yang berkhasiat. (Sumber gambar: Unsplash/ Roberto Nickson)

 

2. Rendah kalori

Pertambahan berat badan dan timbunan lemak di perut merupakan tanda awal obesitas, bisa dari gaya hidup hingga terlalu sering makan junk food atau makanan berenergi dan lemak tinggi.

Buah berwarna hijau ini sangat rendah kalori dan merupakan pilihan tepat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Bayangkan saja, 100 gram pare hanya mengandung 34 kalori dan sudah mengandung rendah lemak dan jumlah karbohidrat.

Selain mengandung sejumlah nutrisi penting, pare juga rendah kalori sehingga cenderung aman untuk orang-orang yang sedang diet. Segelas jus pare dapat mengisi perut kamu dan mencegah kamu memakan kalori yang tidak perlu.


3. Kandungan serat

Genhype pasti tahu, serat merupakan salah satu kandungan yang penting untuk kamu yang sedang diet. Serat berguna untuk merangsang reseptor yang memberi tahu otak bahwa sudah waktunya berhenti makan dan merasa kenyang.

Nah pare ini tinggi akan kandungan serat atau memenuhi sekitar 8 persen kebutuhan serat harian tubuh kita dalam satu porsi ukuran sekitar 94 gram.

Sekitar 84 hingga 94 persen dari pare hanyalah air, yang merupakan alasan lain mengapa pare berguna untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat yang dikandung buah pare membuat kamu merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Selain itu, menjaga sistem pencernaan kamu tetap sehat.
1
2


SEBELUMNYA

Strategi Berinvestasi Ketika Rupiah Melemah

BERIKUTNYA

5 Camilan Alternatif untuk Penyuka Makanan Manis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: