Srimulat: Hil yang Mustahal (Sumber gambar: IDN Pictures)

Tayang 19 Mei, Simak 5 Fakta Menarik Film Srimulat: Hil yang Mustahal

17 May 2022   |   18:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu film yang wajib masuk dalam daftar tontonan kalian adalah Srimulat: Hil yang Mustahal. Ditulis sekaligus disutradarai oleh Fajar Nugros, film ini akan menjadi biopik pertama dari grup lawak legendaris Srimulat. Selain itu, hal yang membuat penasaran adalah akting para aktor dan aktris masa kini seperti Ibnu Jamil, Bio One, Zulfa Maharani, memerankan sejumlah komedian legendaris Srimulat. 

Tayang di bioskop pada 19 Mei 2022, film ini akan menceritakan masa di mana karier Srimulat mulai menanjak, sehingga menjadi grup lawak pertama yang tampil di televisi nasional Indonesia.

Namun, sebelum menonton filmnya, yuk cek 5 fakta menarik film Srimulat: Hil yang Mustahal yang wajib kalian ketahui.
 

1. Angkat kisah grup lawak legendaris

Film Srimulat: Hil yang Mustahal akan menampilkan kisah perjalanan panjang grup lawak Srimulat yang telah melahirkan ratusan pelawak dari berbagai daerah di Indonesia.

Meski telah dibentuk pada 1950, film akan berfokus pada kisah Srimulat medio 1980-an di mana karier Srimulat mulai menanjak, sehingga menjadi grup pertama yang tampil di televisi nasional Indonesia. Film ini tentu akan menjadi medium untuk lebih mengenal grup lawak asal Kota Solo itu khususnya untuk bagi generasi milenial dan gen Z.

Baca juga: Lakon Srimulat, Dari Panggung ke Panggung hingga Eksis di Televisi
 

2. Jadi film biopik Srimulat pertama 

Srimulat: Hil yang Mustahal akan menjadi film biopik pertama grup Srimulat sejak berdiri tujuh dekade silam. Para karakter yang berperan di dalamnya akan mendramatisasikan kehidupan beberapa anggota Srimulat berdasarkan sejarah yang terdiri dari Pak Teguh, Bu Djudjuk, Asmuni, Timbul, Gepeng, Nunung, Basuki, Tarzan, Paul dan Tessy.

Sebelumnya, pada 2013, telah dirilis film berjudul Finding Srimulat. Meski menggunakan nama besar Srimulat, film itu tidak secara spesifik membahas biografi Srimulat. Nama Srimulat digunakan karena sebagian besar pemainnya adalah anggota Srimulat seperti Bu Djudjuk, Kadir, Tessy, Mamiek dan Gogon.
 

3. Riset selama 4 tahun

Fajar Nugros, selaku sutradara mengaku harus melakukan riset mendalam untuk menggarap film Srimulat: Hil yang Mustahal. Riset yang dilakukan selama hampir empat tahun itu dia lakukan mulai dari membaca artikel, tulisan ilmiah, hingga wawancara langsung dengan anggota Srimulat dan keluarganya. Hal itu dilakukan Fajar Nugros agar bisa menghidupkan karakter pemainnya senatural mungkin. 
 

g

Poster film Srimulat: Hill yang Mustahal (Sumber gambar: IDN Pictures)
 

4. Totalitas para pemain

Untuk mendalami karakter para anggota Srimulat yang khas, beberapa pemain film Srimulat: Hil yang Mustahal melakukan berbagai upaya yang totalitas. Seperti misalnya Bio One yang memerankan karakter Gepeng. Dia diketahui menurunkan berat badannya dari 65 kilogram menjadi 58 kilogram.

Tak hanya itu, Bio One juga rela mengubah model rambut, gaya berbicara, hingga gesturnya agar lebih mirip dengan sosok Gepeng, termasuk mengunjungi istri mendiang Gepeng yang berada di Solo untuk lebih mengenal sosok pelawak yang memiliki ciri khas suara cempreng itu.

Selain Bio One, Ibnu Jamil yang memerankan karakter Tarzan juga dibantu oleh Tarzan langsung untuk mendalami karakternya. Karakter Tarzan yang kuat membuat Ibnu Jamil harus mempelajari dan mendalami karakter yang diperankannya.

Begitupun dengan Zulfa Maharani. Dia menaikkan berat badannya hingga 6 kilogram untuk mendalami karakter sebagai Nunung. Selain itu, dia juga dibantu oleh Nunung langsung untuk pendalaman karakter sekaligus belajar dialog bahasa Jawa.

Baca juga: Mari Berkenalan dengan 10 Tokoh Ikonik dalam Film Srimulat: Hil yang Mustahal
1
2


SEBELUMNYA

Sah! Tidak Perlu Lagi Pakai Masker di Luar Ruang

BERIKUTNYA

Tim Free Fire Indonesia Borong Medali SEA Games 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: