Ilustrasi olahraga. (Sumber foto: Dokumentasi pribadi)

Biar Tetap Fit, Begini Olahraga Yang Pas Saat Berpuasa

06 May 2021   |   06:00 WIB

Olahraga tetap jadi kegiatan yang penting buat tubuh saat puasa lho! Meski puasa bisa kasih manfaat yang baik, tapi olahraga bisa melengkapi manfaat yang lebih buat tubuh. Meski puasa tinggal beberapa hari lagi, jangan lupa olahraga perlu dirutinkan biar kondisi tubuh tetap sehat dan imunitas juga terjaga.

Ada beberapa tip nih dari produsen jam pintar Huami biar bisa olahraga meski kondisi tubuh lagi puasa. Simak yuk!

1. Perhatikan waktu olahraga
Pas lagi puasa, waktu olahraga penting banget untuk diperhatiin sebab olahraga di tengah puasa bisa menyebabkan kelelahan yang berlebih. Karena itu, disarankan untuk berolahraga setelah buka puasa atau setelah Isya.

Waktunya juga enggak perlu lama-lama, tepatnya kurang dari 60 menit untuk satu sesi dan untuk kardio bisa dilakukan hanya dua kali seminggu.

2. Lihat asupan makanan
Puasa membatasi waktu konsumsi makanan karena kita hanya bisa makan saat sahur di jam subuh dan buka puasa di sore hari. Nah, karena inilah perlu banget untuk perhatiin kadar nutrisi yang masuk ke tubuh dengan memastikan kadarnya sama dengan biasanya.

Enggak cuma itu, disarankan untuk makan makanan dengan indeks glikemik yang rendah supaya tubuh bisa simpen karbohidrat di dalamnya. Kalau ditanya kenapa lebih baik makan makanan dengan indeks glikemik rendah, jawabannya adalah karena kalau makan makanan dengan indeks glikemik tinggi, tang terjadi adalah kadar karbohidrat dalam tubuh bisa cepat naik dan cepat habis.

Dampaknya, tubuh bisa lebih rentan untuk lemas walau waktu buka puasa masih jauh. Sementara itu, keuntungan makan makanan dengan indeks glikemik rendah adalah tubuh bisa mengurangi rasa cepat lapar dan bisa mempertahankan energi sampai olahraga dimulai.

3. Banyak minum
Pada dasarnya minum air secukupnya sangat disarankan selama berpuasa, tapi ini juga berlaku ketika kita berolahraga apalagi kalau dilakukan di cuaca yang panas. Jumlah yang disaraankan sekitar 1,5 liter sampai 2 liter setiap harinya.

Saran lainnya untuk olahraga adalah coba hindari deh olahraga di siang hari karena inilah yang bikin dehidrasi tubuh setelah keluarnya cairan tubuh melalui keringat. Hati-hati, dehidrasi juga bisa berdampak kurang baik buat kesehatan karena bisa meningkatkan risiko cedera saat olahraga.

4. Jaga intensitas olahraga
Dengan keterbatasan energi dan aktivitas di waktu berpuasa, penting banget untuk bisa menentukan seberapa keras olahraga yang dijalankan.

Olahraga yang disarankan saat berpuasa adalah olahraga dengan intensitas ringan seperti melakukan yoga.

5. Atur pola tidur
Pola tidur nggak boleh diabaikan ketika sedang berpuasa, sebab hak ini akan memengaruhi kondisi tubuh pada saat beraktivitas.

Umumnya, para ahli menyarankan agar seseorang tidur selama 7-9 jam dalam sehari, tapi hal ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kemampuan tubuh karena setiap orang memiliki beda kondisi tubuh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

UOB Painting of the Year ke-40 Ajak Seniman Berkreasi Menembus Batas

BERIKUTNYA

Ketahui 4 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: