Apel dan jeruk adalah buah yang bisa turunkan kolesterol (Sumber gambar: Any Lane/Pexels)

5 Buah untuk Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

09 May 2022   |   14:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai usai Lebaran adalah meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Hal ini terjadi akibat kurangnya menjaga asupan dalam menyantap berbagai hidangan khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, semur daging, hingga berbagai kue kering secara berlebihan.

Dokter spesialis gizi klinis di RS Siloam Kebon Jeruk Sheena R. Angelia mengatakan bahwa sejumlah hidangan yang biasa disajikan di hari Lebaran memang bisa memicu lonjakan kolesterol. “Konsumsi makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng memang bisa memicu lonjakan kolesterol,” katanya.

Hal itu bisa diperparah jika selama berpuasa kita juga cenderung berbuka dengan menu yang rendah nilai nutrisinya, tinggi gula dan lemak, serta diikuti dengan penurunan aktivitas fisik.

Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolesterol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke.

Meski demikian, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol seperti memperbanyak minum air putih, berolahraga, serta memperbanyak asupan sayur dan buah. Melansir dari Eat This Not That, berikut adalah 5 buah yang bisa menurunkan kolesterol.


1. Jeruk

Bukan hanya mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal menunjukkan sebanyak 23 persen orang-orang yang mengonsumsi jus jeruk mampu menurunkan kadar kolesterol mereka dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi jus jeruk.

Namun, sebaiknya hindari memberikan gula atau pemanis tambahan dan sebaiknya konsumsi jeruk dalam bentuk buah utuh.


2. Semangka

Semangka dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan likopene yang mampu mencegah adanya radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi semangka secara rutin baik setelah makan atau camilan sehat sehari-hari.
 

Trang Doan/Pexels

Buah beri adalah buah yang bisa turunkan kolesterol (Sumber gambar: Trang Doan/Pexels)


3. Apel

Apel adalah salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak. Dalam satu buah apel mengandung karbohidrat, protein, serat, hingga vitamin C. Apel juga mengandung pektin, salah satu jenis serat alami yang banyak ditemukan di dalam buah. 
 
1
2


SEBELUMNYA

Kembangkan Teknologi Jaringan Selanjutnya, Samsung Rilis Buku Putih Spektrum 6G

BERIKUTNYA

Planetarium & Observatorium Jakarta Gelar Peneropongan Benda Langit, Terbuka untuk Umum & Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: