Candi Borobudur adalah salah satu wisata di Kabupaten Magelang (Sumber gambar: Eugenia Clara/Unsplash)

Cicipi 8 Kuliner Khas Magelang, Sup Senerek hingga Mangut Beong

07 May 2022   |   11:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kota Magelang terkenal dengan wisata Candi Borobudur yang mendunia serta panorama alamnya yang indah. Meski begitu, Magelang juga memiliki sederet kuliner khas yang menarik dan patut dicoba, di mana beberapa di antaranya adalah kuliner legendaris yang telah ada sejak lama.

Sama seperti daerah-daerah lainnya, Magelang juga memiliki banyak kuliner khas yang tentunya dapat memanjakan lidah. Berikut adalah 7 rekomendasi wisata kuliner di kota Magelang yang wajib kalian cicipi.
 

1. Sup Senerek

Sup Senerek merupakan sup khas dari kota Magelang yang terdiri dari irisan daging sapi, kacang merah, wortel, kentang dan sayur bayam. Sup satu ini memiliki rasa gurih dengan aroma pala dan lada, yang biasa disajikan dalam mangkuk atau piring yang dihidangkan panas-panas.
 

2. Tahu Kupat

Kuliner kebanggaan masyarakat kota Magelang lainnya adalah Kupat Tahu, tahu goreng dipotong-potong yang dihidangkan bersama potongan ketupat, kol, bakwan, kemudian diguyur kuah kacang bercita rasa manis dan pedas. Warung-warung Kupat Tahu mudah dijumpai di sudut barat daya Alun-alun Kota Magelang, seberang Masjid Agung.

(Baca juga: 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Kalian Cicipi)
 

b

Kuliner khas Magelang (Sumber gambar: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah)


3. Getuk Gondok

Sebagai makanan ringan, Magelang punya Getuk Gondok. Memiliki bentuk yang menarik, panganan satu ini biasanya terdiri dari berbagai warna mulai dari coklat, putih, hijau dan merah muda. Getuk Gondok terbuat dari bahan utama berupa singkong.
 

4. Mangut Beong

Mangut Beong adalah masakan khas Magelang berisi ikan yang dibuat menggunakan bumbu-bumbu rempah yang dicampur dengan santan. Beong merupakan ikan air tawar yang bisa ditemukan di Sungai Progo.

Keunikan kuliner ini ada pada cara memasaknya, yakni menggunakan kendil yang terbuat dari tanah liat. Cara memasak seperti ini dipercaya akan menimbulkan cita rasa masakan yang jauh lebih enak, karena semua bumbu akan meresap dan tercampur sempurna.

 

1
2


SEBELUMNYA

Sinopsis The Sound of Magic, Drakor Musikal dengan Sentuhan Magis

BERIKUTNYA

Yuk Intip Aktor & Aktris Pemeran Utama Terbaik Daytime Emmy Awards 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: