Film Yuni tayang di Disney+ (Sumber gambar: Fourcolours Films)

Tayang di Disney+, Simak 5 Fakta Menarik Film Yuni yang Wajib Kalian Tahu

25 April 2022   |   17:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Yuni akhirnya ditayangkan di platform Disney+ sejak 21 April 2022. Disutradarai Kamila Andini, Yuni merupakan film yang berkisah tentang seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah namun terhalang oleh lamaran pernikahan yang menghampirinya.

Sebelumnya, film Yuni telah tayang selama 33 hari di bioskop-bioskop Tanah Air mulai 9 Desember 2021. Film tersebut berhasil mendatangkan sebanyak 117.160 penonton selama penayangannya.

Sebelum menonton filmnya, yuk simak beberapa fakta menarik film Yuni yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id berikut ini.


1. Angkat isu pernikahan anak

Seperti judulnya, karakter utama dalam film ini adalah Yuni, seorang remaja SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, impiannya itu terhalang oleh lamaran pernikahan yang datang kepadanya. Tak tanggung-tanggung, tiga lamaran sekaligus datang kepada Yuni.

Sang Sutradara, Kamila Andini, mengatakan bahwa isu pernikahan yang dialami kelompok remaja perempuan merupakan persoalan penting yang sampai saat ini menurutnya belum menemukan titik terang.

“Film ini memang mengajak kita untuk berefleksi. Rasa-rasanya pernikahan kok selalu menjadi solusi di hampir segala permasalahan perempuan. Padahal harusnya tidak seperti itu, mereka juga berhak untuk memiliki cukup waktu dalam memutuskan sesuatu yang besar,” ujarnya.
 

2. Terinspirasi dari kisah ART

Film Yuni menyoroti isu tentang pernikahan anak. Faktanya, ide cerita film ini muncul karena terinspirasi oleh cerita asisten rumah tangga (ART) dari Kamila Andini yang anaknya menikah dan melahirkan di usia yang masih sangat muda.

Sutradara yang akrab disapa Dini itu mengatakan bahwa obrolan dengan ART-nya itu sangat reflektif, sehingga dia memutuskan untuk menjadikannya ide awal cerita film Yuni.

(Baca juga: Cerita Kamila Andini tentang Proses Produksi Film Yuni)
 

Poster film Yuni

Poster film Yuni (Sumber gambar: Fourcolours Films)


3. Gunakan dialek Jaseng (Jawa-Serang)

Film-film garapan Kamila Andini memang kerap menggunakan dialek dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam film Yuni, dia memutuskan untuk menggunakan dialek bahasa Jaseng lengkap dengan logatnya yang khas.

Arawinda Kirana, yang memerankan karakter Yuni, mengaku dibimbing oleh beberapa pelatih yang merupakan warga asli Serang untuk mempelajari bahasa Jaseng. Bahkan, dia juga sampai harus menginap dan tinggal beberapa waktu di rumah salah satu warga Serang untuk mendalami perannya sebagai Yuni.

(Baca juga: Kamila Andini Soroti Isu Pernikahan Anak dalam Film 'Yuni')


4. Arti warna ungu pada karakter Yuni
1
2


SEBELUMNYA

4 Ide Bisnis Tanpa Modal, Kenapa Enggak

BERIKUTNYA

Lakukan 8 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Selama Mudik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: