Shawarma (Sumber gambar: Freepik)

9 Kuliner Khas Timur Tengah yang Wajib Dicicipi

19 April 2022   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kuliner Timur Tengah terkenal dengan rasanya yang kaya akan bumbu dan rempah. Layaknya kuliner khas Indonesia, oleh karena itu tak heran jika kuliner dari Timur Tengah juga menjadi salah satu favorit banyak orang Indonesia.

Satu hal yang pasti dari kuliner Timur Tengah adalah semua masakannya halal. Selain itu, masakan Timur Tengah juga umumnya menggunakan bumbu khas yakni garam masala, yang merupakan campuran dari ketumbar, jinten, kapulaga, cengkih, lada hitam, pala dan kayu manis.

Buat Genhype yang belum pernah mencoba kuliner Timur Tengah, berikut setidaknya 9 makanan yang wajib kalian cicipi.


1. Shawarma

Sering disalah artikan sebagai kebab, shawarma adalah salah satu makanan yang paling populer dari Timur Tengah. Shawarma terbuat dari roti khusus yang diberi isi daging kambing atau sapi panggang, sayuran, irisan bawang bombai, dan saus khusus. 


2. Falafel

Falafel merupakan kuliner khas Timur Tengah lezat lainnya yang bisa kalian cicipi. Falafel ini dibuat dari campuran kacang arab, tepung terigu, dan bumbu khas Timur Tengah. Setelah bahan tercampur rata kemudian akan diproses dengan digiling dan dibentuk bulat-bulat, sebelum akhirnya digoreng. 

Penyajian makanan khas Timur Tengah ini biasanya dibungkus dengan roti berbentuk tipis yang disebut lafa. Umumnya, Falafel dinikmati bersamaan dengan isian seperti asinan, selada, acar, saus pedas, atau saus yogurt.


3. Nasi Kebuli

Nasi kebuli adalah nasi gurih yang diberi potongan daging kambing, kaldu kambing, susu kambing, dan tentunya tidak ketinggalan rempah-rempah. Nasi kebuli juga disajikan dengan berbagai macam bahan pelengkap seperti acar, kismis, dan sambal.


4. Sambosa

Cocok jadi camilan, sambosa adalah makanan ringan berbentuk segitiga dan memiliki kulit yang renyah. Isinya berupa daging, sayur, serta bumbu rempah. Makanan yang satu ini sekilas hampir mirip dengan pangsit atau spring roll yang terkenal di benua Asia.


5. Hummus

Sebagai makanan pelengkap, hummus memiliki tekstur seperti bubur atau saus cocol. Hummus menggunakan kacang arab sebagai bahan dasarnya. Untuk membuat hummus, pertama-tama kacang arab dihaluskan kemudian dicampur dengan wijen giling, minyak zaitun, perasan jeruk limau, bawang putih, dan garam.

Cara menikmati kuliner khas Timur Tengah ini biasanya adalah dengan roti. Untuk mendapatkan cita rasa yang khas, kalian bisa mencocol roti ke dalam hummus. Makanan ini tak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia tapi juga kerap dimasukan ke dalam menu makan vegetarian masyarakat internasional.

(Baca juga: Kenalan dengan Kuliner Timur Tengah dan Ciri Khasnya)
 

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli (Sumber gambar: Freepik)

 

6. Roti Maryam

1
2


SEBELUMNYA

Aksi hingga Drama, Ini 4 Film Terbaik yang dibintangi Will Smith

BERIKUTNYA

Bikin Ngiler! Yuk Coba Resep Nasi Bakar Cumi Asin ala Chef William Gozali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: