Ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan ruangan pada hunian yang mungil (Sumber gambar: Max Vakhtbovych/Pexels)

7 Cara Memaksimalkan Ruangan Untuk Hunian Mungil

18 April 2022   |   20:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini, peran rumah tak hanya sebagai tempat tinggal, tetapi juga menjadi tempat untuk bekerja, berolahraga, bahkan berlibur. Apalagi, semenjak pandemi Covid-19 orang-orang lebih banyak beraktivitas dari dalam rumah karena pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, kita perlu memenuhi kebutuhan akan ruangan dengan bijak terlebih bila hunian yang kita miliki tidaklah luas. Meski di dalam rumah yang cenderung mungil, nyatanya kita masih bisa menatanya agar tetap nyaman untuk dihuni.

Owner Homuliving sekaligus Founder of Artsy Living & Style Mima Anisakusuma membagikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan ruangan di rumah yang mungil seperti berikut ini.
 

1. Gunakan jendela besar

Hal utama yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan tampak luas pada rumah yang mungil adalah dengan menggunakan jendela yang besar. Selain membuat kesan luas, ini juga bisa menjadi sumber cahaya alami dari matahari yang penting bagi sebuah hunian.

“Penggunaan jendela yang besar itu penting untuk membuat ruangan terasa lega, enggak sumpek dan sirkulasi udara lebih baik,” kata Mima dalam satu diskusi virtual, Senin (18/4/2022).
 

2. Pilih warna netral

Untuk memberikan tampilan ruangan yang lebih luas, Mima menyarankan untuk menggunakan warna-warna netral sebanyak 70 persen-80 persen pada hunian, misalnya putih, cokelat, atau abu-abu. “Boleh ada sentuhan warna terang, tapi proporsinya dibuat seminimal mungkin supaya ruangan tidak tampak busy,” ujar Mima.

(Baca juga: 5 Cara Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, Dijamin Anti Gerah)
 

Vecislavas Popa

Warna yang netral bisa memberikan kesan ruangan yang luas (Sumber gambar: Vecislavas Popa/Pexels)


3. Jangan banyak tembok sekat

Pada rumah mungil, terkadang hanya terdiri dari beberapa ruangan. Untuk itu, diperlukan kiat dalam menata satu ruangan yang bisa berfungsi untuk berbagai keperluan. Dalam hal ini, Mima menyarankan untuk tidak menggunakan sekat seperti tembok. 

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan elemen sekat terbuka seperti rak yang bisa berfungsi sebagai pembatas ruangan, sekaligus dekorasi pada ruangan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembedaan antar ruangan dengan elemen flooring dari bahan atau warna lantai.
 

4. Buat tempat penyimpanan yang efektif

Membuat tempat penyimpanan di rumah yang mungil juga tidak mudah. Jika salah siasat, rumah justru akan tampak berantakan. Untuk itu, Mima merekomendasikan untuk membuat tempat penyimpanan secara custom agar menyesuaikan dengan kebutuhan dan desain ruangan.

Salah satu tempat penyimpanan yang bisa dipilih yakni seamless storage yang menyatu dengan dinding atau yang berwarna senada dengan palet warna ruangan.

“Dengan kita custom storage kita, itu bisa membuat sebuah color palete yang memang kita inginkan. Jadi color palette-nya ini enggak mencar-mencar,” kata Mima.
 

 

1
2


SEBELUMNYA

Marchella FP & Jenny Jusuf Berbagi Trik Menulis sebagai Ekspresi Diri

BERIKUTNYA

Jadi Tren Desain interior, Ini 5 Konsep Utama Gaya Japandi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: