Ilustrasi pakaian luaran pada perempuan. (Sumber gambar: Unsplash)

14 Jenis Outerwear Perempuan Selain Jaket & Coat

12 April 2022   |   13:55 WIB

Selama ini, Genhype mengenal setidaknya ada dua jenis pakaian luaran atau outerwear yang umum digunakan di Indonesia, yaitu jaket dan coat. Dua pakaian ini memiliki ragam bahan dan desain mulai dari denim, kulit, bulu sintetis, wol, quilt, hingga cashmere.

Tidak hanya itu, ada juga ragam model berdasarkan kancing, yaitu single-breasted yang hanya memiliki satu kolom kancing dan double-breasted yang memiliki dua kolom kancing. Model ini umum ditemui pada berbagai jenis coat, termasuk blazer.

Selain itu, yuk kenalan dengan 14 jenis outerwear berdasarkan model dan fungsinya.


1. Peacoat

Dikutip dari Marie Claire, peacoat adalah jenis luaran yang dulu banyak digunakan oleh tentara angkatan laut Belanda pada era 1800an. Namanya sendiri berasal dari kata 'pije' yang artinya dari bahan wol kasar. Biasanya, peacoat memiliki model double-breasted dan panjang di bawah panggul.


2. Trench

Mirip dengan peacoat, trench juga memiliki sejarah serupa yaitu awal penggunaannya yang dilakukan para tentara. Biasanya, luaran ini dikenakan di antara musim dingin dan semi serta umumnya memiliki warna tan atau khaki. Kini, trench hadir dengan variasi warna dan pola tapi tidak menghilangkan ciri khasnya yang identik dengan kancing double-breasted dan sabuk yang mengikat pinggang.


3. Raincoat

Meski penggunaannya yang bertujuan untuk melindungi tubuh saat hujan dan biasanya tidak digunakan sebagai luaran layaknya jaket, jas hujan kini hadir dengan variasi warna dan bahan. Bahkan, penggunaannya bisa diperuntukkan untuk lapisan luar dari pakaian lain seperti blazer dan sweater dengan ukuran yang lebih besar dari keduanya.


4. Puffer

Identik sebagai salah satu pakaian untuk musim dingin, puffer memiliki ciri khas dengan adanya isolasi berdesain down yang membuat penggunanya merasa hangat. Beberapa jaket yang bisa masuk ke kategori ini adalah jaket ski. Umumnya puffer coat memiliki panjang di bawah lutut hingga semata kaki, tapi kini hadir dengan ukuran yang lebih pendek seperti jaket dan desain yang variatif untuk musim gugur.


5. Longline

Salah satu jenis coat ini biasanya memiliki model yang simpel secara siluet dan desainnya. Identik dengan panjang selutut, longline cocok untuk dikenakan dalam berbagai acara dan musim dengan variasi bahan dari wol sampai bulu sintetis.


6. Duster

Umum digunakan pada musim panas, duster merupakan luaran yang longgar dan cenderung ringan. Duster cocok digunakan ketika ingin mengenakan luaran yang memiliki kesan oversize dengan desain lurus.


7. Cape

Cape memiliki beberapa jenis model, baik yang menyerupai poncho maupun luaran serupa jubah. Biasanya, luaran ini dipakai di bagian pundak dengan lubang khusus untuk bagian lengan dan bisa dikenakan dalam berbagai acara.
1
2


SEBELUMNYA

Cek, Rekomendasi Laptop yang Cocok buat Programmer 

BERIKUTNYA

10 Poster Film Terbaik yang Pernah Dibuat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: