Ada beberapa kiat yang perlu dilakukan agar beribadah Ramadan saat pandemi tetap aman (Sumber gambar: Mentatdgt/Pexels)

5 Cara Aman Jalankan Ibadah Ramadan pada Masa Pandemi

05 April 2022   |   12:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ramadan tahun ini kembali harus dijalani dalam kondisi pandemi. Meski demikian, hal tersebut tentu tidak mengurangi suka cita dan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Beribadah di kondisi seperti saat ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Kita harus memastikan kesehatan tubuh, salah satunya dengan menerapkan prokes.

Supaya lebih aman beribadah pada bulan Ramadan ini, berikut adalah beberapa kiat yang bisa kalian lakukan seperti dilansir dari laman resmi Jakarta Smart City, Selasa (5/4/2022).
 

1. Jaga pola hidup sehat

Menjaga pola makan sehat tentu bukan hanya dilakukan pada bulan puasa, namun setiap harinya. Selama menjalankan puasa Ramadan, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bergizi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayur serta buah.

Kalian bisa memilih sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau putih, kentang, jagung, atau ubi, sayuran dan buah yang cukup untuk memenuhi vitamin serta mineral yang penting bagi sistem kekebalan tubuh. Serta sayuran berwarna hijau tua dan buah yang berwarna untuk mencukupi kebutuhan vitamin C serta vitamin E yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain harus menjaga pola makan, perbanyak pula minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Dengan demikian, kalian bisa menjaga imun tubuh serta menghindari dehidrasi yang akan mengganggu kesehatan. Bagi orang dewasa, kecukupan minum untuk sehari kurang lebih sebanyak delapan gelas bisa dibagi pada waktu berbuka dan sahur.

Penting juga untuk tetap melakukan  aktivitas fisik atau olahraga ringan selama menjalankan puasa Ramadan, termasuk memastikan istirahat yang cukup dengan tidur minimal selama tujuh jam. Istirahat yang cukup akan membantu menjaga daya imun dan menjadikan tubuh kamu tetap bugar.
 

2. Perhatikan protokol kesehatan di tempat ibadah 

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang meniadakan kegiatan ibadah di masjid atau musala, pada Ramadan tahun ini pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan salat tarawih dengan sejumlah ketentuan.

Meskipun dibolehkan, kalian tetap harus memperhatikan protokol kesehatan secara ketat salah satunya dengan membawa alat ibadah sendiri seperti mukena, sarung, dan sajadah. Selain itu, kamu juga perlu melakukan beberapa hal lain seperti berwudu di rumah, menjaga jarak sosial minimal dua meter, membawa hand sanitizer, serta tetap menggunakan masker.

(Baca juga: 4 Kiat Jalani Ramadan Bermakna Bareng Keluarga ala Ririn Ekawati)
 

Buka puasa dan sahur di rumah lebih aman di masa pandemi seperti saat ini (Sumber gambar: RODNAE Production/Pexels)

Buka puasa dan sahur di rumah lebih aman di masa pandemi seperti saat ini (Sumber gambar: RODNAE Production/Pexels)


3. Pastikan kebersihan saat membeli makanan
 
1
2


SEBELUMNYA

Pemerintah Inggris Singgung Persoalan Loot Box, Mengakibatkan Kecanduan?

BERIKUTNYA

Tingkat Push Notification Asia Tenggara Baru 42 Persen, Indonesia Capai 60 Persen 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: